Konsul Jenderal India di Medan Dr Shalia Shah berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Kunjungannya dalam rangka silaturahim dan menawarkan kerja sama peningkatan sumber daya manusia (SDM) dosen serta pembentukan India Corner.

Tampak hadir menyambut kedatangan Konsul Jenderal India, Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor I, Dr Muhammad Arifin, MHum, Wakil Rektor II, Akrim MPd, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMSU, dr Eka Airlangga, Ketua Lembaga Bahasa UMSU, Rini Ekayati, SS, MA, Kepala Humas UMSU, Ribut Priadi, M.IKom dan Plt Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd, Selasa (17/7).
Shalia Shah mengatakan, dia sangat tertarik mengunjungi UMSU karena UMSU salah satu kampus swasta terbaik di Sumatera Utara dan memiliki banyak mahasiswa. Dari ketertarikan ini dirinya menawarkan menjalin kerja sama terutama dalam bidang teknologi, kedokteran, teknologi informasi, ekonomi. “Kepada dosen-dosen UMSU saya berharap bisa melanjutkan pendidikan atau mengikuti kursus jangka pendek.Pihak konsulat bersedia membantu memfasilitasi dosen-dosen UMSU yang tertarik melanjutkan pendidkan di India,” katanya.
Untuk lebih mengenal India, dia menawarkan mengadakan India Corner sehingga mahasiwa UMSU bisa mengenal tentang India.Nantinya di India Corner disediakan buku-buku yang bisa dibaca mahasiswa, baik tentang keilmuan maupun kehidupan sosial dan diharapkan mahasiswa UMSU bisa melanjutkan pendidikan ke India melalui program beasiswa.
Dalam kesempatan itu, Shalia Shah menyempatkan makan siang bersama dilanjutkan dengan mengunjungi perpustakaan UMSU. Dia juga menyampaiakn di India corner ada poster tentang Negara India.
WR I UMSU, Dr Muhammad Arifin mengatakan, sangat mengapresiasi  dan merasa senang  atas kerja sama antara UMSU dan India. Kerja sama ini bukan sesuatu yang baru, sebelumnya sudah terjalin kerja sama antara UMSU dan India. “Tentunya kita menyambut gembira tawaran dari konsulat India terutama tawaran tentang peluang bagi dosen UMSU untuk bisa melanjutkan pendidikan di India dengan beasiswa yang ditanggung pemerintah India,”katanya.
Selain itu, UMSU merasa senang karena konsulat India berkeinginan membangun India Corner di UMSU sehingga informasi tentang India, khususnya tentang pendidikan bisa diakses atau diperoleh mahasiswa sehingga ke depan, mendorong mahasiswa UMSU untuk melanjutkan pendidikan atau lebih mengenal tentang budaya dan kehidupan sosial di India. “Saya berharap kerja sama ini bisa berjalan sehingga bisa memberikan manfaat bagi pihak konsulat India maupun UMSU,”katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.