Delapan program studi (prodi) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) meraih akreditasi A. Perolehan ini menjadikan UMSU perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera Utara dan luar Pulau Jawa yang memiliki jumlah prodi terakreditasi A terbanyak.

“Penilaian akreditasi A terhadap 8 prodi UMSU itu merupakan suatu bentuk apresiasi dan penghargaan karena telah melakukan berbagai proses memenuhi standar yang ditetapkan sebagai perguruan tinggi terbaik,” kata Kepala Lembaga Layanan Pendidian Tinggi (L2 Dikti) Prof Dian Armanto di kantornya, Jalan Setia Budi Medan, Jumat (27/7).

Selain itu kata Dian Armanto, perolehan akreditasi A tersebut juga berkat soliditas antara pemimpin univesitas ,  dosen, pimpinan prodi dan dekan, biro dan lembaga. Intinya semua pihak yang ada di kampus, termasuk mahasiswa dan alumni  serta stakeholder berkontribusi  positif  untuk kampus.

Dian menilai ada kerjasama yang baik di universitas tersebut, sehingga terlihat loyalitas dan komitmen untuk membangun UMSU yang berkualitas.

Dengan perolehan akreditasi A hingga 8 prodi itu menurut Dian bisa menjadi peluang bagi UMSU meraih akreditasi A untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

Jika itu diimbangi dengan pemenuhan 4 hal, Dian meyakini akreditasi A untuk AIPT bisa dicapai UMSU. Ke empat faktor itu yakni berkaitan dengan SDM, seperti memperbanyak jumlah doktor, jumlah mahasiswa, sarana dan prasarana serta penelitian, pengabdian masyarakat, karya ilmiah dosen.

“Di bawah kepemimpinan Rektor Dr Agussani, saya meyakini UMSU layak dapat akreditasi institusi A lantaran komitmen, kerjasama, semangat untuk membuat prodi itu bisa baik dan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Ristekdikti,” ujar Dian.

Terpisah, Rektor UMSU Dr Agussani MAP menuturkan, perolehan akreditasi A di 8 prodi itu bukan sebagai “pajangan”. Akan tetapi, merupakan suatu upaya dengan melakukan berbagai persiapan untuk pencapaiannya.

Kesuksesan UMSU, kata Agussani tak lepas dari unsur-unsur yang terlibat di universitas dan hubungan yang dibangun antara PWM, BPH dan seluruh warga persyarikatan dengan dilandasi motto maju bersama persyarikatan.

“Itu semuanya tidak terlepas dari doa, dukungan dan bimbingan Kepala L2 Dikti serta PP Muhammadiyah. Denikian juga berkat kerjasama dengan dekan, ketua prodi yang memprioritaskan program-programnya untuk pencapaian ini,” kata Agussani.

Disebutkan Agussani, sampai saat ini belum ada PTS di luar Pulau Jawa yang institusinya terakreditasi A. Untuk itu rektor berharap dengan pencapaian akreditasi A di 8 prodi itu bisa jadi motivasi  untuk meraih peringkat A institusi, karena dasar-dasarnya sudah ada,” ujarnya.

Agussani juga menyebutkan, adanya regulasi dari majelis dikti PP Muhammadiyah dalam hal manajerial kepada pimpinan PTM, merupakan suatu terobosan untuk dapat lebih berperan melakukan inovasi, sehingga tidak lagi menunggu dari PP Muhammadiyah. Pimpinan universitas diberi  ruang  luas untuk  melakukan inovasi demi kemajuan perguruan tinggi.

Berikut nama Prodi yang berhasil meraih akreditasi A yakni, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Hukum,  Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Manajemen Bisnis syariah, Manajemen, Akuntansi dan pendidikan akuntansi.

Dalam kesempatan itu, Agussani  juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberi kepercayaan kepada UMSU untuk melanjutkan pendidikan.  Sejauh  ini  antusias masyarakat  untuk melanjutkan pendidikan ke UMSU cukup tinggi.

“Untuk menjawab kepercayaan masyarakat, UMSU akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui penguatan layanan akademik dan pengajaran  serta  sarana dan prasarana,” katanya.

Menurut data dari panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMSU 2018, jumlah pendaftar calon mahasiswa UMSU sampai  Sabtu (28/7) sebanyak 4291 orang. Ujian masuk UMSU terbagi menjadi tiga gelombang, untuk gelombang pertama telah dilakukan ujian tes tertulis dan ujian computer. Untuk ujian tertulis gelombang kedua akan dilaksanakan , Selasa (31/7) .

Seperti tahun sebelumnya, setiap calon mahasiswa UMSU, selain wajib mengikuti ujian tertulis juga harus lulus tes kesehatan  dan bebas Narkoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.