Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bangga masyarakat tetap mempercayai UMSU sebagai tempat menimba ilmu untuk generasi muda yang berkualitas agar mampu berkompetisi dan membantu membangun Sumatera Utara yang maju dan bermartabat.

“Saya katakan saya butuh lulusan UMSU, maka bersyukurlah adik-adik mahasiswa dapat kuliah di UMSU. Kampus ini sekarang berkembang dan maju pesat sehingga wajar saya mengajak untuk bersyukur,” kata Gubsu di hadapan 3.800 mahasiswa baru dalam acara pembukaan PKKMB tahun 2018/2019 di Kampus Kapt. Mukhtar Basri Medan, Senin (17/9). Gubsu turun panggung dan berinteraksi dengan mahasiswa baru, mengatakan UMSU salah satu PT milik Muhammadiyah yang berkomitmen kuat mengelola institusi pendidikan yang unggul dan terpercaya dalam membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara.

Gubsu yakin UMSU salah satu PT terkemuka mampu meningkatkan SDM mahasiswa yang kompetitif sehingga dapat berkontribusi mengelola SDA di Sumut yang berlimpah.

” Anak saya saja pun kuliah di FK UMSU karena saya yakin mendapatkan pendidikan terbaik,” katanya.

Gubsu berpesan agar mahasiswa kuliah yang benar agar bisa membantu tugas-tugas Gubsu/Wagubsu membangun Sumut yang bermartabat.

Gubsu mengatakan dia ingin mengubah Sumatera Utara agar lebih baik bersama UMSU. Tanpa melibatkan perguruan tinggi, mau dibawa ke mana Sumatera Utara ini. “Percayalah, saya butuh kalian mahasiswa dan lulusan UMSU,” ujarnya.

Gubsu menyatakan komitmennya untuk tetap berada di tengah mahasiswa yang sedang menuntut ilmu. Tidak boleh lagi ada masyarakat Sumut yang tidak cerdas, kalau masih terulang kondisi yang lalu, dirinya akan meminta pertanggungjawaban kepala dinas. Tugas mahasiswa belajar, tugas dosen memberi ilmu pengetahuan dan tugas gubernur akan mengelola pemerintahan ini dengan baik. “Doakan saya dan lainnya untuk tidak berbuat salah sehingga dapat mengatasi berbagai macam persoalan di Sumut ini, termasuk dunia pendidikan,” katanya.

Sebelumnya Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengucapkan selamat datang dan mempersilahkan Gubsu Edy Rahmayadi memberikan bimbingan serta motivasi kepada mahasiswa baru. Pada kesempatan itu, Gubsu didampingi Rektor Dr Agussani, MAP, WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, WR 2, Akrim, SPdI, MPD, WR 3, Dr Rudianto, MSi, Sekretaris Universitas Gunawan, M.Th, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut Prof Dr Hasyimsyah Nasution, Ketua MUI Kota Medan Prof Dr Mohd Hatta, Dr KH Amiruddin MS serta Ustadz Zulfikar Hajar menyandangkan selempang mahasiswa kepada perwakilan mahasiswa baru.

Kemudian bersama Rektor Dr Agussani, MAP, Gubsu menyerahkan piagam, hadiah dan pembebasan biaya BPP dan SPP. Mahasiswa berprestasi di bidang penelitian yang lulus Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXXI tahun 2018 yang diadakan oleh Kemenristekdikti dibebaskan dari pembuatan skripsi. Penghargaan dan hadiah juga diberikan kepada hafiz Qur’an 20 dan 30 juz serta duta generasi berencana BKKBN, duta ekonomi Syariah dari BI regional se-Sumatera dan putri Indonesia asal Sumut. Bagi puluhan mahasiswa berprestasi.

Rektor Dr Agussani mengatakan, PKKMB diselenggarakan sesuai aturan Kemenristekdikti dan disingkat jadi 4 hari, termasuk dua hari untuk kegiatan Masa Ta’aruf Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Pada PKKMB ini, lanjutnya, UMSU menerima mahasiswa baru dari Singapura dan Thailand. Selain itu terdapat juga puluhan mahasiswa yang beragama Nasrani. Ini artinya UMSU sudah menjadi kampus yang terbuka baik untuk masyarakat semua golongan agama dab etnis tingkat regional, nasional dan internasional. Rektor berpesan kepada mahasiswa agar mengikuti PKKMB dengan baik. PKKMB dilaksanakan untuk memberi pengetahuan bagaimana kehidupan di PT yang berbeda dengan SMA.

Rektor Dr Agussani mengharapkan doa dan dukungan dari Gubsu, tokoh, masyarakat dan mahasiswa baru agar cita-cita dan mimpi besar UMSU, Kopertis (L2 Dikti) dan PP Muhammadiyah meraih nilai A dalam AIPT dalam waktu dekat ini, dapat terwujud. Rektor bersyukur UMSU kini meraih ranking I se PTS di Sumut. Mahasiswa baru menyambut gegap gepita perankingan tersebut.

Sementara Prof Dr Hasyimsyah mengatakan masyarakat memilih UMSU tempat kuliah generasi muda karena PT ini memang terpercaya dan masih unggul dalam tata kelola institusi serta berbeda dalam meningkatkan SDM yang dibutuhkan.

Ketua MUI Kota Medan Prof Dr Mohd Hatta mengaku kagum dengan perkembangan UMSU saat ini. Prof Hatta bangga diundang pada acara PKKMB karena dapat melihat segudang prestasi mahasiswa yang dapat memotivasi mahasiswa baru untuk berkarya dan berinovasi yang lebih hebat. Ini yang membuat beda dengan PTS lain. Selain sebagai kampus Islam, UMSU juga dikelola secara modern terbukti berhasil mengelola bakat dan kreatifitas mahasiswa sampai menginternasional seperti tari nusantara dan memberikan kontribusi kepada masyarakat. Untuk itu, lanjutnya, wajar harapan Gubsu begitu besar kepada UMSU karena lulusannya cukup kompetitif lulusannya. Turut hadir Calon DPD Abdul Halim Siagian, Kadis Pendidkan Sumut M Arsyad dan pimpinan Ortom Muhammadiyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.