Kepala Polisi Sumatera Utara ( Kapoldasu) Irjen Pol Drs Agus Andrianto memberikan kuliah umum kepada 3.800 mahasiswa baru dalam acara masa ta’aruf/Masta (perkenalan) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Kampus Jalan Kapt Mukhtar Basri Medan, Selasa (19/9).

Kapoldasu yang hadir didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Dr H Dadang Hartanto, Sik., M.Si dan lima pejabat perwira menengah di lingkungan Poldasu bersama Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dan wakil rektor turut menyematkan selempang Masta IMM kepada perwakilan mahasiswa baru, disusul saling tukar cenderamata antara UMSU dan Poldasu.

Lebih lanjut, Kapoldasu mengajak mahasiswa baru agar menjadi yang lebih baik dari generasi yang lalu. UMSU adalah perguruan tinggi yang terpercaya dalam mengelola pendidikan. Sebagai perguruan tinggi yang Islami, maka mahasiswa harus menjadi Islam yang rahmatan lil alamin yakni orang yang memberikan kemaslahatan untuk seluruh alam ini. Di hadapan ribuan mahasiswa baru, Kapoldasu mengaku bangga menjadi bagian dari UMSU. Selain dirinya memilih lanjut studi di Pasca (Strata 2) UMSU mengambil Ilmu Hukum, Kapoldasu sudah dua kali memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa baru. Yang pertama tahun 2017/2018 hadir di UMSU sebagai Wakapoldasu.

“Saya bangga menjadi keluarga besar UMSU, apalagi setelah saya menjadi mahasiswa tingkat Pasca (Strata 2) di UMSU mengambil Ilmu Hukum, saya mendapat amanah menjadi Kapoldasu Sumut,” katanya seraya mendapat sambutan tepuk tangan dari mahasiswa dan sivitas akademika.

Menurut Kapoldasu, dirinya bergabung di Pasca UMSU masih menjadi Wakapoldasu.
Kapoldasu berharap mahasiswa UMSU harus menjadi generasi bangsa yang dapat diandalkan. Pada kesempatan itu, juga Kapoldasu mengingatkan kepada mahasiswa untuk cerdas menggunakan media sosial dan menghindari penyebarluasan informasi yang dapat memecah belah bangsa.

Kapoldasu juga meminta dukungan mahasiswa dan UMSU untuk mendukung program 100 hari (Kapoldasu-red) dalam memberantas preman, kemacetan dan kesemrawutan di Kota Medan. Kapoldasu juga menegaskan dia tidak ingin UMSU ‘dipalak’ preman. Kemacetan dan kesemrawutan selama ini terjadi menggambarkan kota ini seperti tidak punya negara melainkan dikuasai kelompok tertentu yang ingin meraup keuntungan sendiri.

Sebelumnya, Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengatakan kerjasama UMSU dan Poldasu sudah terjalin lama terutama dengan Kapoldasu Irjen Pol. Drs Agus Andrianto. Kehadiran Kapoldasu ini adalah kali kedua pada acara yang sama. ” Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Kapoldasu yang telah dua kali hadir pada acara yang sama karena kecintaannya dan Kapoldasu telah menjadi keluarga besar UMSU,” ujarnya.

Rektor Dr Agussani mengatakan, Masta IMM adalah rangkaian dari empat hari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKM). Mahasiswa sangat beruntung mendapat motivasi dan bimbingan dari Gubsu H Edy Rahmayadi dan Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto. Diharapkan dari Masta IMM ini lahir kader IMM yang berbudaya akademik sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat.

Rektor Dr Agussani menilai IMM pada tiga tahun terakhir ini tidak bisa diragukan lagi kiprahnya. Tentu keberadaan IMM selama ini, lanjutnya, turut mendukung suasana kampus yang kondusif sehingga turut berkontribusi menjadikan UMSU menjadi PTS yang meraih ranking I terbaik di Sumatera Utara. Untuk itu Rektor mengajak IMM untuk sama-sama mengelola universitas ini sesuai ranah kepemimpinan masing-masing. Selain itu, IMM harus memberi contoh yang baik agar mendapat simpatik mahasiswa secara luas.

Ketua Umum DPP IMM Najih Prasetyo mengajak mahasiswa peserta Masta IMM untuk terus meningkatkan literasi sehingga generasi muda dapat diharapkan menjadi pemimpin bangsa masa depan.

Turut hadir dalam acara ini WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, WR II Akrim, MPd, WR III Dr Rudianto, M.Si, pimpinan fakultas, Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof Dr Hasyimsyah Nasution, unsur pimpinan DPP, DPD, PC serta Pimpinan Komisariat IMM Se-UMSU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.