FKIP UMSU mendapatkan hibah program PDS tahun 2018 dari kemenristekdikti. Program PDS diawali dengan sosialisasi ke sekolah mitra pada pertengahan Juli 2018, ke SMA Muhammadiyah 01 Medan dan SMK Muhammadiyah 04 Medan.

Setelah sosialisasi, dilanjutkan dengan workshop penyusunan perangkat pembelajaran. Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber dari LPMP Sumatera Utara dan praktisi media pembelajaran berbasis camtasia. Peserta workshop yang terdiri dari dosen PDS dan guru PDS dari sekolah mitra begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Rangkaian kegiatan PDS selanjutnya dilaksanakan di sekolah mitra selama 8 kali pertemuan, terhitung sejak bulan Agustus sampai dengan September 2018.

Adapun, kegiatan selama di sekolah dipaparkan dalam acara seminar hasil yang diselenggarakan pada Sabtu, 20 Oktober 2018 di Aula FKIP UMSU. Dosen PDS memaparkannya di hadapan peserta seminar hasil yang terdiri dari dosen, guru dan kepala sekolah dari sekolah mitra, serta mahasiswa. Kemudian, akan didokumentasi dan dipublikasikan ke jurnal publikasi ilmiah.

Koordinator PDS FKIP UMSU, Dr. Hj. Dewi Kesuma Nst, M.Hum., menegaskan bahwa hibah program PDS sangat bermanfaat sebagai penguatan kemitraan antara LPTK dan sekolah mitra. Dosen yang ditugaskan ke sekolah bekerja sama dengan guru dalam memperbaiki bentuk-bentuk penguatan kegiatan pembelajaran yang menghasilkan perangkat pembelajaran kolaboratif guru dan dosen, pengalaman baik (best practice) yang dituangkan dalam jurnal refleksi, dan video pembelajaran.

Melihat kebermanfaatan hibah program PDS, Rektor UMSU, Dr. Agussani, M.A.P mengungkapkan betapa pentingya peran LPTK dalam mengembangkan kualitas pendidikan. Beliau berharap LTPK UMSU akan mendapatkan hibah revitalisasi ini tahun depan dan akan menugaskan lebih banyak lagi dosen turun ke sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.