Bekerjasama denganIkatan Penelitian Hukum Indoneaia (IPHI), Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FH UMSU) menggelar acara “Workshop Penulisan Jurnal Hukum De Jure”. Kegiatan ini dirangkai dengan Penandatangan MoU antara IPHI dan FH UMSU dalam bidang penelitian.
Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FH UMSU Ida Hanifah SH MH ini menghadirkan narasumber Ketua Dewan Redaksi Jurnal Hukum De Jure (Akhyar Ari Gayo SH MH APu.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin SH MHum mengatakan, pembentukan peraturan perundang-undangan idealnya harus senantiasa responsif terhadap kepentingan masyarakat. Artinya, program pembentukan peraturan perundang-undangan baik dipusat maupun didaerah, harus didahului dengan kegiatan penelitian hukum (legal research). “Melalui penelitian hukum nantinya dapat dijadikan sebagai bahan hukum dalam penyusunan peraturan daerah maupun peraturan perundang-undangan yang bersifat nasional,” ujarnya di Aula Kampus FH UMSU Lt. IV Gedung C Jl. Kapten Mukhtar Basri Medan, Selasa (6/11/2018).

Kemudian, lanjut Arifin, permasalahan lain terhadap berbagai peraturan perundang-undangan adalah masih adanya kendala, seperti terjadinya perbedaan penafsiran diantara sesama aparatur penegak hukum, praktisi, teoritisi, hingga perbenturan kepentingan.

Arifin menilai penelitian hukum harus difokuskan pada permasalahan hukum dan kemasyarakatan yang berinteraksi dengan hukum pada tingkat daerah (lokal), nasional, regional, dan internasional. “Hal tersebut untuk mengetahui sejauh mana perundang-undangan memenuhi nilai-nilai filosofis, sosiologis, dan yuridis,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Arifin, tradisi legal research dalam konteks daerah perlu dilakukan reorientasi. “Artinya, sudah saatnya perguruan tinggi di daerah diberdayakan untuk melakukan penelitian hukum diderahnya. Misalnya penelitian terkait Hukum Adat, jangan lagi yang melakukan penelitian itu berasal dari luar,” sebutnya.

Sementara itu, saat membuka acara ini, Dekan FH UMSU Ida Hanifah SH MH mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting dan berharga bagi Fakultas Hukum UMSU, karena lewat kegiatan ini banyak didapat informasi berharga tentang pentingnya aktivitas penelitian dalam kehidupan akademika di kampus.”Terlebih lagi sebagaimana kita ketahui bahwa Jurnal Penelitian Hukum De Jure merupakan Jurnal Ilmiah yang sudah terakreditasi oleh Kemenristekdikti,” ujarnya.

Karena itu, Ida berharap segenap civitas akademika FH UMSU, terutama para dosen, dapat memanfaatkan kegiataan ini sebaik-baiknya. “Kita berharap dengan kegiatan ini nantinya bisa membangkitkan ghairah dan antusiasme dosen-dosen kita dalam melakukan penelitian dan mudah-mudahan nantinya bisa dipublikasikan di Jurnal De Jure,” harapnya didampingi Wakil Dekan-I Faisal SH MHum) dan Wakil Dekan III Zainuddin, SH MH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.