Era milenia saat sekarang ini ternyata tidak memudarkan semangat mahasiswa dalam melakukan budaya diskusi. Diskusi adalah bagaimana cara bertukar pikiran, yakni membahas sesuatu topik atau masalah dalam kerangka pemikiran para pihak. Berbeda halnya dengan ngobrol atau dialog, berdiskusi mengandung pemikiran, jadi apa yang diutarakan tentunya dipikir dulu.

Para mahasiswa/I saat ini sudah merasa berani tampil kalau dipinta pendapatnya pribadi mengenai sebuah isu dalam sebuah forum diskusi . Para mahasiswa yang saat memang sudah belajar memulai sesuatu dari forum yang terkecil, yang sekiranya memiliki nilai tambah bagi kemajuan wawasan mahasiswa di kemudian hari. Ruang diskusi yang diadakan dikampus-kampus saat akan memberi peluang bagi mahasiswa untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang muaranya akan kembali untuk kepentingan kita berupa makin luasnya cakrawala kita memahami dunia.

Kualitas masa depan pemimpin bangsa ditentukan oleh dikampus maupun diluar kampus, mahasiswa yang pandai diskusi, pandai melihat peluang masa depan, dan berani menyampaikan kebenaran dengan santun didepan pemimpin yang berperlilaku tidak adil. Itu semua hasil dari proses diskusi, dengan digalangkannya forum diskusi di kampus dengan sendirinya akan hadir tunas-tunas bangsa yang pandai mengkaji sebuah masalah, dan menyiapkan sosok pemimpin masa depan yang mampu memberikan solusi kepada masyarakat yang sedang dilanda kebingungan. Itu semua hasil dari sebuah proses pembelajaran yang dilakukan, dikampus maupun diluar kampus untuk itu Mahasiswa dituntut untuk lebih aktif untuk mendapat kan informasi maupun pengetahuan baru.

Dengan berdiskusi adalah cara yang efektif dalam memecahkan suatu permasalahan, dengan berdiskusi bersama teman-teman untuk bertukar pendapat antara satu sama lain , kebiasaan berdiskusi dikalangan mahasiswa dulunya terasa menipis, saat ini sudah mulai timbul terutama dikalangan mahasiswa FISIP UMSU.

Akhirnya kita juga berharap nantinya dibutuhkannya kesadaran dari kalangan mahasiswa pentingnya berdiskusi. Apalagi dalam era teknologi komunikasi yang semakin hari semakin cepat bahkan lebih cepat dari nafas yang dihirup oleh karena itu mahasiswa dituntut lebih mampu mem-filter bahan diskusi sehingga juga dapat menjadi pembelajar untuk orang lain. Mahasiswa yang terbiasa berdiskusi berbeda dengan mahasiswa yang tidak suka berdiskusi, mahasiswa yang pandai berdiskusi dia lebih mudah memberikan solusi terhadap sebuah isu. Mahasiswa mahasiswa yang pandai dan rajin berdiskusi harus menjadi terdepan dalam memberikan solusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.