Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP melepas puluhan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Kedokteran (FK) UMSU yang akan mengikuti Program pertukaran (calon) guru Se-Asean (Sea Teacher Bath) di Filipina dan dan Short Course Program di India dan Thailand.

Program-program ini merupakan bagian dari sejumlah agenda yang diinisiasi dan dirancang Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasioanal (LKUI) UMSU pada tahun 2019. Program ini diikuti oleh sejumlah universitas dari negara-negara Asean seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina.

Dalam arahannya, Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengatakan, program-program internasionalisasi ini sudah mulai digalakkan oleh UMSU sejak tahun 2010.

“Hingga saat ini, kita mencatat sudah 69 Perguruan Tinggi di luar negeri yang telah menjalin kerjasama dengan UMSU,” jelas Agussani didampingi Wakil Rekktor I Akrim SPdI MPd, Wakil III Dr Rudianto MSi dan Sekretaris Universitas Gunawan SPdI MTh di Meeting Room Rektorat FK UMSU Jalan Gedung Arca Medan, Sabtu (5/1/2019).

Agussani mengakui, bahwa bukan hal yang mudah untuk menindaklanjuti dan mengimplementasikan MoU yang telah ditandatangani menjadi program- program konkrit. Menurutnya, banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah perguruan tinggi untuk bisa menindaklanjuti program-program internasionalisasi, salah satunya adalah terkait peringkat perguruan tinggi.

“Namun, karena sudah menjadi tekad kita, sejauh ini kita berusaha keras untuk bisa memfollw-up MoU sehingga tidak hanya terhenti di atas kertas saja. Dan alhamdulilalah, dengan ikhtiar yang maksimal kita telah bisa merealisasikannya hingga 25 persen,” kata Agussani.

Sekarang ini, kata Agussani, UMSU menempati peringkat ke 137 perguruan tinggi terbaik dari 4 ribu lebih perguruan tinggi yang ada di Indonesia. “Sedangkan di bawah lingkungan L2DIKTI Sumut, Alhamdulillah UMSU sekarang ini menjadi PTS terbaik dari 261 PTS yang ada di Sumatera Utara,” sebutnya.

Ke depan,UMSU berkomitmen akan terus mengakselerasi kegiatan-kegiatan terkait dengan internasionalisasi. “UMSU akan terus mendukung kegiatan-kegiatan internasionalisasi. Ini merupakan bentuk tekad dan komitmen kita mendukung program unggulan internasionalisasi PTMA yang digalakkan oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah,” jelasnya.

Kepada para mahasiswa yang terpilh menjadi delegasi UMSU untuk mengikuti program-program ini, Agussani berpesan agar senantiasa bisa menjaga kesehatan dan mampu beradaptasi di dengan baik di Negara lain. “Dan yang terpenting adalah mampu menjaga kehormatan bangsa dan Negara serta nama baik UMSU,” kata Agussani.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua LKUI UMSU dr Eka Erlangga menjelaskan, bahwa agenda kegiatan ini sudah lama dikoordinasikan LKUI dengan pimpinan universitas dan pimpinan FKIP dan FK UMSU . Mahasiswa yang terpilih untuk ikut program ini merupakan hasil seleksi ketat mulai dari bawah yang dilakukan oleh pihak fakultas masing-masing.

“Insya Allah kegiatan ini akan berlangsung di bulan Januari dan Februari 2019,” kata Eka.

Hadir juga dalam acara pelepasan ini sejumlah pengurus LKUI UMSU, jajaran dekanat FK dan FKIP UMSU. (RSFN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.