Kopertais Wilayah IX merasa  bangga dengan kemajuan UMSU saat ini, karena berhasil mencetak generasi emas yang dibuktikan dengan berbagai raihan prestasi mahasiswa di tingkat regional, nasional sampai internasional.

“Kami bangga UMSU satu-satunya PTS yang menyandang akreditasi A di Sumatera Utara yang mampu melahirkan generasi emas,” kata Sekretaris Kopertais IX Dr Anshari Yamamah pada acara wisuda UMSU hari kedua Rabu (24/4) periode I tahun 2019 diikuti 1.130 wisudawan/ti di Gedung Selecta di Jalan Listrik Medan. Turut hadir Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Sumut Dr Bahdin Nur Tanjung, Ketua dan anggota BPH UMSU Dr Bahril Datuk dan Prof Dr Nawir Yuslem, MA serta unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut  dan ibu Aisyiyah.

Di hadapan wisudawan, Dr Anshari menegaskan generasi emas yang berdaya saing hanya mampu dihasilkan oleh perguruan tinggi yang dikelola dengan manajemen profesional seperti UMSU yang tercatat di Kopertais memiliki Fakultas Agama Islam, menjadi satu-satunya PTS yang unggul (terakreditasi A) di Sumatera Utara dan yang kedua meraih akreditasi A di Pulau Sumatera.

Pengelolaan institusi UMSU yang baik tidak terlepas dari kepemimpinan seorang rektor. Rektor UMSU Dr Aggusani, MAP dan jajarannya ibarat sebuah grup musik orkestra yang dipimpin oleh derigen sehingga mampu menghasilkan penampilan suara dan musik yang selaras. Rektor ibaratnya sebagai derigen dalam orkestra tersebut. Kopertais yakin lulusan UMSU menjadi golongan lulusan ulul albab yakni orang yang memiliki kekuatan spritual, intelektual dan sosial yang tinggi.

Ketua Aptisi Sumut Dr Bahdin Nur Tanjung mengatakan, UMSU telah membanggakan Provinsi Sumatera Utara karena mampu mencetak generasi emas yang memiliki SDM kompetitif, inovatif dan berkarakter. Aptisi mencatat UMSU mencetak 28 lulusan berprestasi dan diwisuda tahun ini  seperti Juwita Niza Wazni lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis meraih juara Wushu dunia tahun 2015, Dwi Onto Wiryo Fakultas Teknik juara 1 Karate Asean di Yogyakarta, Andre Andana dari Fakultas Teknik, pemenang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia dari Kemenristekdikti dan M. Rizky Siswanto dari Fakultas Teknik pemenang Perusahaan Berbasis Teknologi Rp366 juta dari Kemenristekdikti. Untuk itu Aptisi bangga  UMSU menambah dari kekurangan SDM yang kompetitif untuk mengelola sumber daya alam yang masih kekurangan SDM yang mumpuni. Bahdin mengapresiasi UMSU satu-satunya PTS di Sumut yang meraih akreditasi A dan PTS kedua meraih Akreditasi A di pulau Sumatera. Predikat unggul ini, lanjutnya, mendorong UMSU lebih kompetitif mencetak lulusan emas.

Sebelumnya Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan orangtua wisudawan yang memberikan kepercayaan anaknya kuliah di UMSU. Atas dukungan masyarakat pula, lanjutnya, UMSU telah meraih akreditasi A. Rektor juga memohon doa masyarakat agar UMSU sukses meraih akreditasi A pada 11 Prodi yang saat ini sedang diajukan ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT) yang sebelumnya UMSU telah memiliki sembilan Prodi terakreditasi A. Rektor mengharapkan para lulusan menjaga nama baik almamater dan memberikan kontribusi keilmuan dan soft skill di masyarakat dan dunia kerja. Pada kesempatan wisuda hari kedua diikuti wisudawan dari Prodi Akuntansi dan Perpajakan (FEB), Fak. Pertanian (Faperta), Fak. Teknik (Fatek), Fak. Agama Islam (FAI), FKIP serta Profesi Dokter (FK).Selain itu UMSU memberikan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik seperti Dokter Nurlina Setiadi (IPK 3,85), Eva Diana Br Sinulingga (Sarjana Pendidikan, IPK 3,82), Pratiwi Puji Rahayu (Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, IPK 3,82), Dinda Anisa (Sarjana Ekonomi, IPK 3,78), Laili Azmi Lubis (Sarjana Ekonomi, IPK 3,75) dan Nadia Lorenza (Sarjana Pertanian, IPK 3,92).

Ketua Panitia Wisuda Dr Muhammad Arifin, M.Hum mengatakan jumlah total mahasiswa yang diwisuda dari enam fakultas berjumlah 1.193 orang. Sebelumnya, rektor melantik para wisudawan dengan memindahkan jumbai topi toga dan dilanjutkan wisudawan membaca ikrar pelantikan wisuda bersama-sama. Acara wisuda kali ini beda dari sebelumnya berjalan penuh khidmat, gembira dan haru biru. Para lulusan dan orang tua bersama jajaran senat diantara WR I Dr Muhammad Arifin, WR III Dr Rudianto, Sekretaris Univeritas Gunawan, M.Th, Direktur Pascasarjana UMSU Dr Syaiful Bahri dan pimpinan fakultas serta Prodi meluapkan ekspresi gembira dan syukur atas raihan Akreditasi A. Acara semakin meriah saat wisudawan yang juga artis Egga Azwika dari FEB bernyanyi dan dikuti paduan suara dan band UMSU yang dibawakan oleh mahasiswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.