Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara merasa bangga Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses meraih akreditasi A dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera yang meraih peringkat unggul.

“Kami merasa bangga karena UMSU meraih akreditasi A dan satu-satunya PTS yang meraih peringkat unggul di Sumaera. Ini artinya keberadaan UMSU sejajar dengan USU dan Unimed,” ungkap Ketua PWI Sumut, H Hermansjah, SE pada Peringatan Hari Pers Nasional 2019 di Gedung PWI Jalan Adinegoro, Medan, Minggu (28/4).

Peringatan Hari Pers Nasional 2019 tingkat Sumatera Utara diisi dengan kegiatan jalan santai bersama Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi, Mantan Gubernur, Syamsul Arifin dan T Erry Nuradi. Hadir juga Ketua PWI Pusat, Attal Depari, Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP , unsur pejabat dan tokoh masyarakat serta ratusan anggota dan keluarga besar wartawan Sumut.

Ketua PWI Sumut, memberikan apresiasi atas capaian Rektor Dr Agussani, MAP yang telah membawa UMSU mampu meraih prestasi unggul dalam akreditasi perguruan tinggi. Dia juga berharap kerjasama yang terjalin antara UMSU dengan PWI Sumut dalam pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia bisa lebih ditingkatkan.

Gubernur Sumut, Edi Rahmayadi dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya peran pers dalam pembangunan Sumatera Utara. Pers merupakan pengawal bangsa yang dituntut untuk berani dan jujur dalam menjalankan peran dan fungsinya.

“Senjata pers itu lebih tajam dari M.16 . Sumatera Utara ini tak akan maju kalau persnya tidak berkembaang,” katanya.

Sementara itu, Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengungkapkan, perkembangan UMSU tidak terlepas dari peran serta media yang selalu menyampaikan dukungan informasi kepada masyarakat. PWI Sumut selama ini telah ikut berperan dalam mendorong dan memberi masukan dalam pengembangan sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat.

UMSU dan PWI Sumut sejauh ini telah menjalin kerjasama dalam peningkatan sumber daya manusia. Pers sebagai pengawal bangsa dituntut untuk melahirkan karya yang berkualitas sebagai masukan maupun kritik sosial yang membangun.

Untuk melahirkan karya jurnalistik yang berkualitas tentu tidak cukup hanya keberanian tapi juga tergantung pada kualitas sumber daya manusia. Maka sinergitas antara pers dengan perguruan tinggi menjadi sangat penting.

“Kita berharap kerjasama antara UMSU dan PWI Sumut bisa terus berjalan dan ditingkatkan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga tujuan dan peran masing-masing bisa lebih maksimal untuk kemajuan bangsa ke depan,” kata Rektor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.