Masa penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara gelombang I diikuti sebanyak 4432 calon mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Para calon mahasiswa tersebut mengikuti seleksi Penerimaan mahasiswa baru (Penmaru) UMSU melalui jalur ujian computer base test, jalur paper base test dan jalur prestasi. Untuk jalur seleksi melalui CBT dilaksanakan setiap hari, sedangkan ujian paper base test gelombang I dilaksanakan serentak di Kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Rabu (19/6).

Wakil Rektor I UMSU selaku ketua panitia seleksi Penmaru, Dr Muhammad Arifin Gultom, SH, MHum mengatakan, para calon mahasiswa UMSU wajib mengikuti ujian test potensi akademik dan test bebas Narkoba. “Sementara untuk calon mahasiswa dari jalur prestasi cukup mengikuti test bebas narkoba,” katanya didampingi, WR2, Akrim, SPdI, MPd, WR 3, Dr Rudianto, S.Sos, M.IKom dan Sekertaris Universitas, Gunawan, SPd, MTH.

Dijelaskan, untuk test bebas narkoba diberlakukan kepada seluruh calon mahasiswa, termasuk calon mahasiswa fakultas kedokteran. Test bebas Narkoba menjadi prasyarat yang paling menentukan Penmaru UMSU sebagai bentuk komitmen kampus bebas narkoba.

“Khusus untuk calon mahasiswa fakultas kedokteran ada tambahan test kesehatan kejiwaan,” kata Muhammad Arifin.

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah peserta seleksi Penmaru UMSU 2019 gelombang I meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 3427 orang, termasuk fakultas kedokteran. Calon mahasiswa fakultas kedokteran yang mengikuti seleksi tahun 2019 sebanyak 302 orang, yang lulus 54 orang sebelumnya 20 orang.

Peningkatan jumlah peserta Penmaru UMSU menunjukkan makin tingginya kepercayaan masyarakat melanjutkan pendidikan ke kampus swasta yang menjadi satu-satunya terakreditasi A di Sumatera.’ Hal ini tentu patut disyukuri, dan UMSU berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan akademik kepada mahasiswa,” katanya.

Penerimaan mahasiswa baru UMSU 2019 sebenarnya sudah dimulai sejak akhir Tahun 2018 melalui website penmaru.umsu.ac.id dan sebagian pendaftar telah melakukan ujian dengan computer base test.

Sebagian pendaftar datang langsung ke kampus UMSU Jalan Mukhtar Basri, khususnya yang berasal dari Kota Medan dan sekitarnya.

Para calon mahasiswa baru UMSU yang berasal dari lulusan SMA Tahun 2019, bisa mendaftar dengan menyertakan surat keterangan hasil ujian (SKHU).

Mereka juga bisa mendapatkan dua pilihan, masuk UMSU saja atau mengikuti seleksi bersama mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah (SBMPTM) bagi calon mahasiswa fakultas kedokteran, meliputi, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Ahmad Dahlan, FK UMJ Jakarta, FK UM Makassar, FK UM Malang, FK UM Palembang, FK UHAMKA, FK UM Purwokerto FK UM Semarang, FK UM Sumatera Utara dan FK UM Yogyakarta.

Seleksi Penmaru UMSU akan dilaksanakan tiga gelombang. Untuk gelombang II ujian Penmaru UMSU telah dimulai secara online melalui website penmaru.umsu.ac.id atau datang langsung ke panitia pendaftaran di Kampus jalan Mukhtar Basri.

Bagi peserta seleksi Penmaru melalui CBT bisa langsung mengikuti ujian test potensi akademik. Sementara bagi peserta ujian tertulis atau PBT akan dilaksanakan serentak pada 31 Juli 2019.

Untuk diketahui, UMSU merupakan Perguruan Tinggi Swasta pertama dan satu-satunya yang meraih Akreditasi “A” untuk Institusi di pulau Sumatera. Dan sekarang, UMSU juga telah memiliki 9 Program Studi yang sudah Terakreditasi “A”, yakni: Manajemen, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Hukum, Pendidikan Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis Syariah dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. (*)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.