Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH siap berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia dan menyukseskan program pembangunan di daerahnya.

“UMSU adalah salah satu universitas dengan kualitas akademik dan prestasi yang sangat baik. Saya kira kita siap menjalin kerjasama peningkatan kualitas SDM dan dalam pelaksanaan program-program pembangunan,” katanya disela silaturrahim dengan tokoh masyarakat Kampar di Medan serta pimpinan UMSU di gedung pascasarjana, Jalan Denai Medan, Rabu (19/6).

Bupati dalam kegiatan silaturahim itu didampingi, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kampar Ir Azwan M.Si, Kepala Dinas PUPR, Afdal ST MT, Kepala Bappeda Afrizal, dan Kepala Dinas Sosial, Amin Filda serta tim Humas dan protokoler.

Menurut dia, berdasarkan laporan ada cukup banyak warga Kampar yang melanjutkan studi di UMSU. Keberadaan para mahasiswa asal Kampar ini tentunya sangat positif dalam penyediaan sumber daya manusia berkwalitas.

Sebagai kepala daerah, dia juga merasa bangga melihat prestasi kampus yang dipimpin Rektor Dr Agussani, MAP, putra daerah Kampar karena UMSU sukses meraih akreditasi A. Selain itu, warga Kampar yang merantau ke Medan juga berhasil meraih sukses di berbagai bidang.

Keberadaan tokoh masyarakat Kampar di Medan dan sekitarnya merupakan potensi yang diharapkan bisa bergandeng tangan dan mendukung tercapainya program pembangunan daerahnya. “UMSU dan para tokoh masyarakat Kampar di Medan diharapkan mendukung pemerintah daerah sehingga bisa mendorong percepatan pembangunan di daerah,” tegasnya.

Sementara Rektor UMSU, Dr Agussani,MAP mengungkapkan, di kampus yang dipimpinnya jumlah mahasiswa asal Riau, khususnya Kampar cukup banyak. Ada sekitar 20 persen mahasiswa UMSU yang jumlahnya mencapai sekitar 21.000 berasal dari Riau dan mayoritas berasal dari Kampar.

Jumlah masyarakat Kampar sendiri di Sumatera Utara juga cukup banyak mencapai sekitar 3.000 KK dan terbilang cukup berhasil. Warga yang merantau ke daerah ini sesungguhnya ingin berkontribusi dalam pembangunan masyarakat Kampar.

Lebih lanjut dijelaskan, Kampus UMSU yang saat ini telah meraih akreditasi A, siap bekerjasama dalam peningkatan sumber daya manusia maupun pelaksanaan program pembangunan. UMSU memiliki berbagai fasilitas serta sumber daya manusia yang siap untuk berkontribusi dan mendukung kemajuan masyarakat Kampar.

“Sebelumnya UMSU dan Pemerintah Daerah Kampar sebenarnya sudah menjalin komitmen untuk pengembangan rumah sakit daerah. Untuk itu UMSU siap untuk tindalanjut program yang telah disepakati,” katanya.

UMSU jelasnya memiliki pengalaman dalam menjalin kerjasama peningkatan SDM dengan pemerintahan daerah khususnya di Sumatera Utara. UMSU banyak terlibat dalam pendampingan pengelolaan program dana desa, juga pelatihan dan pembekalan anggota legislatif, selain asesmen pejabat daerah dan BUMD. Fasilitas UMSU juga sudah digunakan dalam rekrutmen pegawai termasuk anggota Polri.

“UMSU punya tim yang siap memberikan pendampingan termasuk dalam pembangunan kesehatan masyarakat, ” kata Rektor, Dr Agussani, MAP.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.