Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP melepas kafilah utuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Ke-16 yang akan digelar di Banda Aceh mulai tanggal 26 Juli sampai 4 Agustus 2019.

Dalam acara pelepasan yang diadakan di meeting-room rektorat kampus utama UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Rabu (25/7), Rektor didampingi Wakil Rektor III (Bagian Kemahasiswaan) Dr Rudianto MSi beserta sejumlah pimpinan fakultas dan Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) se-UMSU.

Dalam amanatnya, Rektor UMSU menyampaikan, bahwa MTQN merupakan ajang yang sangat bergengsi di tingkat nasional, setidaknya sejak tahun 2015. dimana pelaksanaan even ini sudah mendapat perhatian serius dari Kemenristekdikti.

Dikatakannya, sejak ajang MTQN ini bergulir efektif mulai tahun 2015 UMSU tidak pernah absen. “Dan pada MTQN ke-16 tahun ini, kita mengirimkan kontingen lebih dari 20 orang yang berasal dari pelbagai fakultas. Ini merupakan kontingen terbesar sepanjang sejarah keikutsertaan UMSU dalam ajang MTQN,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) UMSU yang selama ini telah bekerjakeras dalam melakukan upaya pembinaan dan pengembangan Tilawatil Qur’an di UMSU. “Meskipun lembaga ini baru berjalan efektif beberapa tahun terakhir ini, namun sudah berhasil menorehkan sejumlah prestasi membanggakan kita semua. Dan Alhamdulillah, sekarang hampir di semua cabang yang diperlombakan di MTQN kita bisa berpartisipasi,” sebutnya.

Rektor juga sempat mengungkapkan, bahwa sebenarnya UMSU memiliki jejak prestasi MTQ yang cukup membanggakan, baik ditingkat regional, nasional, bahkan internasional. Setidaknya sejak awal tahun 90-an UMSU telah sukses melahirkan sejumlah qari dan qari’ah yang mampu berprestasi dan mengharumkan nama almamater.

“Tentunya tradisi prestasi ini harus kita lanjutkan dan lebih kita tingkatkan lagi ke depannya,” kata Agussani.

Kemudian rektor berpesan, misi mengikuti MTQN ini bukan semata-mata untuk berkompetisi, tapi sangat baik dijadikan sebagai ajang untuk menjalin silaturrahim, bertukarpikiran dan pengalaman dengan delegasi dari perguruan tinggi lain.

Rektor berharap semua para peserta dan official MTQN dari UMSU bisa meunjukkan jatidiri kita sebagai mahasiswa yang unggul, cerdas dan terpercaya dari PTS yang satu-satunya telah meraih Akreditasi A untuk institusi di Sumatera.

“Selamat berjuang untuk meraih prestasi, senantiasa jaga kesehatan dan selalulah jaga nama baik almammater. Seperti kata pepatah; dimana bumi di pijak, di situ langit dijunjung,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor juga memberikan apresiasi kepada tim UKM Tari UMSU yang belum lama ini telah meraih prestasi dalam festival tari di Pulau Dewata Bali.

Selain itu, Rektor juga berkesempatan melepas keberangkatan delegasi UMSU untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah (KKN-MU) Untuk Negeri ke-VI yang akan di laksanakan di Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.