Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyembelih 46 hewan kurban yang dilaksanakan di Kampus, pascasarjana, dan kampus utama, Jalan Muktar Basri Medan, Senin (12/8).

Dari 46 hewan kurban 6 di antaranya diserahkan kepada masyarakat sekitar kampus seperti di Lingkungan III Kelurahan Gelugur Darat, Kecamatan Medan Timur. Penyerahan hewan kurban diserahkan Rektor UMSU didampingi Wakil Rektor, para dekan, kepala biro dan lembaga. Hadir Kanwil Sumatera I, Bank Syahriah Mandiri, Ahmad Zailani. Hewan kurban diserahkan ke Sekretaris Camat Medan Timur yang juga Plt Lurah Gelugur Darat, Muhammad Nur Alfi Pane.

Rektor UMSU, Dr Agussani,MAP mengatakan penyerahan hewan kurban kepada masyarakat sekitar kampus sudah dilakukan sekitar 10 tahun. Selain penyerahan hewan kurban saat idul adha, UMSU juga rutin memberikan bantuan sembako menjelang hari raya idul fitri.

“Penyerahan hewan kurban ini rutin kita lakukan setiap tahun dan sebagai bentuk silaturahim dan semangat berbagi dengan masyarakat sekitar kampus baik di kampus utama, kampus pascasarjana, dan kampus Fakultas Kedokteran di Jalan Gedung Arca,” katanya.

Dijelaskan rektor, pemberian hewan kurban juga menjadi momen untuk bertemu dan bertatap muka langsung dengan masyarakat sekitar kampus. Melalui pertemuan langsung dengan masyarakat diharapkan akan melahirkan suasana akrab dengan masyarakat untuk mendukung suasana kampus yang kondusif dan nyaman,” katanya.

Menurutnya, UMSU merupakan bagian dari masyarakat. Apalagi, perkembangan UMSU sesuai dengan keinginan pemerintah dan sebagai bentuk kerja sama dengan pemerintah kecamatan direncanakan membuat kampung selfi di sekitar kampus.

Dijelaskan rektor, idul adha yang ditandai dengan pemotongan hewan kurban mengandung pesan untuk Umat Islam agar selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan serta ikhlas dalam beribadah.

“Di hari raya Iduladha kita tingkatkan ketaqwaan dan mencontoh bagaimana keikhlasan Nabi Ibrahim,” katanya.

Rektor juga menyampaikan, saat ini UMSU melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diikuti sekitar 8.000 peserta. Dari hasil seleksi nantinya diperkirakan ada 1000 lebih yang akan tinggal bersama masyarakat. Dalam konteks pendidikan, maka keberadaan mahasiswa yang tinggal di rumah warga sekitar kampus UMSU maupun di dalam kampus berharap dukungan dan suasana yang aman serta nyaman selama menempuh pendidikan dan itu tentu butuh dukungan warga sekitar kampus,” katanya.

Sekcam Medan Timur yang juga Plt Lurah Gelugur Darat, Muhammad Nur Alfi Pane mengatakan sangat bersyukur atas bantuan kurban dari UMSU. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Rektor, ini bentuk kerja sama. Mari kita sama-sama menjaga nama baik UMSU, ” katanya.

Tokoh masyarakat, Mahmud sangat mengapresiasi UMSU yang peduli terhadap warga sekitar. “Ini yang ke 10, saya doakan UMSU makin jaya,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.