Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr. Agussani MAP melepas enam tim menuju Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Nasional di Unversitas Udayana, Denpasar, Bali. Selain UMSU, dua PTN lainnya di Sumatera Utara, yakni USU dan Unimed juga menyertakan tim PKMnya untuk bersaing dengan ratusan PTN/PTS dari seluruh tanah air.

Pelepasan 6 tim PKM UMSU berlangsung, Rabu (22/8) oleh Rektor UMSU dihadiri Wakil Rektor II Akrim, Wakil Rektor III Rudianto, Dekan dan Dosen pendamping bersama 20 mahasiswa dari beberapa fakultas.

Keberhasilan UMSU meloloskan enam judul PKMnya ke PIMNAS ke 32 merupakan prestasi terbaik yang diraih UMSU untuk bersaing dengan perguruan tinggi papan atas di tanah air.

Enam judul PKM mahasiswa UMSU terdiri dari (1) “Costrip 99,99 sebagai usaha kreatif mahasiswa dalam mengenalkan budaya dan Bahasa daerah menuju pasar internasional”, (2) “Monik B-tea (Moluskusida Organik Biji The) inovasi penghantam Keong Mas pada tanaman padi”, (3) “POLEMON, Inovasi baru perangkap hama wereng batang coklat”, (4) “SENDUK (Sepatu Spanduk) sebagai upaya pemanfatan limbah spanduk bekas”, (5)  “Pemberdayaan Sanggar Kental Manis ( Komunitas Pecinta Budaya Nasional Menggunakan Sentuhan Bahasa Inggris)”, (6) “Nanopartikel dari buah Andaliman sebagai antiinflamasi melalui jalur HSP70 Teruji in Vivo pada tikus putih aterosklerosis.”

Untuk mematangkan  tim PKM UMSU, telah dilakukan berbagai persiapan seperti latihan melakukan presentasi, persiapan mental sampai penggelaran uji lapangan dengan melakukan diskusi bersama tim penyuluhan pertanian.

Rektor UMSU Dr. Agussani prestasi yang diraih UMSU berbanding lurus dengan hasil yang dicapai UMSU lainnya, yakni peraihan akreditasi A dari BANPT, Prestasi sebagai PTS terbaik di Sumatera Utara versi LLDIKTI, Peringkat ke 72 PTN/PTS Nasional. Kata Agussani, semua prestasi yang diraih UMSU menjadi motivasi bagi 20 mahasiswa yang akan bertarung di Udayana Bali untuk menampilkan yang terbaik. (SH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.