Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Lovely Profesional University (LPU) India siap melakukan pertukaran mahasiswa baik dalam program short course ataupun kredit transfer.

Hal itu terungkap dalam pembicaraan lanjutan antara Wakil Rektor III Dr. Rudianto, WD 1 FK dr. Siti Masliana dan Pengurus LKUI UMSU dengan Additional Director LPU Aman Mittal di Kampus LPU, India, Selasa (27/8).

“Kesepakatan kerjasama UMSU dan LPU India sangat positif bagi peningkatan kualitas akademik mahasiswa. Melalui kerjasama pertukaran mahasiswa diharapkan kedua pihak bisa saling bertukar pengalaman dan sharing pengetahuan,” kata WR 3 UMSU, Dr Rudianto melalui sambungan telepon dari India.

Dijelaskan, UMSU saat ini terus memperluas program kerjasama kemitraan dengan sejumlah universitas di luar negeri sebagai wujud internasionalisasi kampus. Universitas di India menjadi salah satu yang menjadi sasaran pengembangan kerjasama karena lebih memiliki banyak kesamaan secara sosial dan budaya, serta dikenal punya pendidikan berkualitas dengan dukungan teknologi komunikasi dan informasi.

Sebelumnya telah ditandatangani MOU antara UMSU diwakili Wakil Rektor III Dr. Rudianto dan LPU India yang diwakili Registrar University Dr. Monica Gulati. Dalam nota kerjasama itu, LPU membuka kesempatan mahasiswa UMSU belajar lewat kursus singkat ataupun tranfer kredit.

Secara khusus program ini ditawarkan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mahasiwa UMSU yang akan belajar di LPU akan diakui kredit semesternya melalui pengakuan kurikulum bersama.

” Ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kompetensi enterpreuner, kemampuan menulis dan ilmu ekonomi yang menjadi unggulan utama LPU,” katanya.

Lebih lanjut, nama LPU cukup dikenal di India dan masuk dalam daftar universitas ternama. Beberapa alumni LPU saat ini sukses berkiprah di perusahaan kelas dunia seperti Google, Amazon, Cisco dan lainnya.

Dijelaskan pula, dalam perjanjian kerjasama pertukaran mahasiswa, pihak LPU juga nantinya akan mengirimkan mahasiawanya belajar di UMSU.

Mengingat prodi Manajemen, Akuntansi dan Studi Pembangunan FEB UMSU telah terakreditasi A. UMSU bersama 11 PTS lain di Sumut melakukan kunjungan kerjasama di bawah koordinasi Kepala LLDikti Prof. Dr. Dian Armanto mulai 24-31 Agustus 2019 di beberapa perguruan tinggi di India

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.