Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir meresmikan Muhammadiyah Corner, Jumat (27/9) di Gedung Pascasarajana UMSU, Jln Denai Medan. Muhammadiyah Corner merupakan bagian dari layanan khusus Kampus UMSU untuk public khususnya mahasiswa Muhammadiyah.

Peresmian  Muhammdiyah Corner di Lantai 4 Gedung Pascasarjana ditandai dengan pemotongan pita bersama oleh Ketua PP Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir, Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution dan Rektor UMSU Dr. Agussani. Ketua PP Muhammadiyah kemudian memberikan catatan special dari peresmian Muhammadiyah Corner itu: Muhammadiyah Corner Harus Menjadi Pusat Iqra’.

Pustaka UMSU yang terakreditasi A itu melengkapi beberapa layanan kepustakaannya dalam membangun spirit literasi. Seluruh gedung kampus UMSU kini dilengkapi dengan perpsutakaan baik dalam bentuk teks maupun digital ( e-library).

Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir memberi apresiasi kepada Rektor UMSU yang menginisiasi tersedianya Muhammadiyah Corner. Spirit Literasi, Pustaka dan Penerbitan adalah kebaikan dan tradisi Muhammadiyah yang dilakoni Kiyai Dahlan sejak itu mendirikan Muhammadiyah. Pimpinan Muhammadiyah hari ini harus menjadikan Pustaka sebagai bagian dari dakwah yang harus terus digelorakan.

Kata Haedar, Kiyai Dahlan mendirikan Taman Pustaka pada tahun 1912 dan Suara Muhammadiyah pada tahun 1915 adalah contoh konkrit bagaimana Dahlan menjadi tokoh pembaharu dalam perkembangan Indonesia selanjutnya.

Ketua PP Muhammadiyah memberi ilustrasi bagaimana banyak pihak yang memberikan perhatian yang serius dengan kepustakaan. Banyak Universitas yang menyediakan pustakan dengan fasilitas yang sangat excellence sehingga membuat orang nyaman membaca didalamnya.

Apresiasi Ketua PP Muhamadiyah kepada Rektor UMSU yang memberikan kepedulian pada pengembangan  non-fisik di Kampus UMSU. Muhammadiyah memang seharusnya membangun perpustakaan sebagai pusat peradaban.

Muhammadiyah Corner kini melengkapi fasilitas Pustaka Muhammadiyah yang sudah lebih dahulu memiliki beberpa corner, seperti BI Corner, Jepang Corner, dan India Corner.

Di Muhammadiyah Corner diharapkan publik dapat menemikan teks seputar Muhammadiyah dari buku buku lala, buku terbaru sampai berbagai referensi amal usaha dan biografi tokoh Muhammadiyah di berbagai daerah.

Usai peresmian Muhammadiyah Corner berlangsung kegiatan Bedah Buku “Kuliah Ke-Muhammadiyahan” yang ditulis oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Buku yang diterbitkan Suara Muhammadiyah itu kini menjadi buku rujukan untuk memahami Muhammadiyah kini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.