Hampir 300 mahasiswa baru (Maba) Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PPs UMSU) mengikuti pembekalan agar sukses mengikuti perkuliahan dan tamat tidak lebih dari 2 tahun.

Untuk itu Kepala L2 Dikti Sumut, Prof Dian Armanto, PhD mendorong mahasiswa menghidupkan ide-ide kreatif dan inovatif guna menghasilkan riset yang bermuara pada produk luaran karya ilmiah dalam bentuk jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional bereputasi dan prosiding.

Kepala L2Dikti Wilayah 1 Sumut Prof Dian Armanto, PhD sebagai narasumber dalam pembekalan Maba S2  di Aula gedung PPs UMSU Jl Denai Medan, Sabtu (5/10). Dia mengaku yakin mahasiswa program pascasarjana mampu melakukan riset karena misi kampusnya menciptakan mahasiswa dan lulusannya bibit-bibit unggul cerdas dan terpercaya serta berkemajuan di tengah masyarakat.

“Saya yakin dengan UMSU, mahasiswa dan lulusannya,” kata Prof Dian yang disambut tepuk tangan dengan antusias dari mahasiswa dan sivitas akademika.

Menurut Prof Dian, antusias mahasiswa S2 UMSU yang begitu tinggi membuat kampus dan ruang aula padat sekaligus menunjukkan Pascasarjana semakin berkembang dan maju seiring kepercayaan masyarakat yang tinggi pada UMSU karena satu-satunya PTS terakreditasi A di Sumut dan kedua di luar pulau Jawa.

Melalui tema pembekalan yang diusung “Strategi Pembelajaran Pascarjana” ini, Prof Dian mengatakan harapan UMSU perlahan tapi pasti memajukan pascasarjana bisa terwujud. Prof Dian mengatakan, kewajiban untuk menghasilkan luaran dan publikasi karya ilmiah di jenjang Strata 2 menjadi bukti mahasiswa dinyatakan sah menamatkan studi dan layak menyandang status magister.

Untuk itu pembekalan ini, lanjutnya, amat strategis, apalagi UMSU melakukannya setiap memasuki tahun ajaran baru untuk mahasiswa dan dosen.

Dengan demikian, lanjut Prof Dian, misi menciptakan lulusan yang unggul cerdas dan terpercaya dengan risetnya yang terpublikasi  tidak hanya menjadi wacana tetapi dijalankan dengan baik oleh UMSU sesuai dengan peraturan Kemenristekdikti. Sebagai wujud rasa bangga L2Dikti, Prof Dian begitu semangat menyampaikan trik-trik dan metode pembelajaran S2 yang renyah agar mahasiswa sukses mengikuti perkuliahan sehingga dapat tamat 1,8 tahun atau tidak lebih dari 2  tahun.

Prof Dian juga menghamparkan peta riset dan menggapai ide kreatif dan inovatif  yang cespleng agar mahasiswa menghasilkan metode yang variatif pula untuk mendukung studi di jenjang magister yang tidak dengan Strata-1.

Sebelumnya, Direktur PPs UMSU Dr Syaiful Bahri mengatakan pembekalan ini secara umum wajib diikuti oleh seluruh Maba S2 dan dosen yang akan menyelenggarakan kuliah perdananya. Setelah mengikuti kuliah umum pembekakan, mahasiswa masuk kelas untuk mengikuti perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing delapan prodi dan disahkan oleh direktur PPs UMSU.

Delapan Prodi Magister yakni Ilmu Hukum, Ilmu Manajemen, Ilmu Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Kenotariatan, Manajemen PendidikanTinggi, Matematika dan Elektro. Acara dibuka oleh WR I Dr M.Arifin Gultom, M.Hum dan dihadiri seluruh pimpinan prodi di lingkungan PPs UMSU beserta dosen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.