Kepala National Aeronautics Space Administration (NASA) Dr Hakeem Oluseyi memberikan kuliah umum di Pascasarjana UMSU, Kamis (10/10), dengan tema : Multicultural History of Understanding Our Universe.

Selain kuliah umum, Dr Hakeem yang juga sebagai CEO Quark Starr USA mengunjungi markas Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU di gedung kampus Pascasarjana Lt 7 Jl Denai Medan.

Pada kuliah umum Dr Hakeem dibuka oleh Rektor UMSU Dr Agussani, MAP diwakili WR I Dr Muhammad Arifin, M.Hum dan dimoderatori oleh Muhammad Shareza Hafiz. Turut hadir Vice US Consulat Medan Jesica, Dosen Regional English Office (RELO) Rosetta, Kepala OIF UMSU Dr Arwin Rakhmadi Butar Butar, pengurus PWM Sumut Mario Kasduri.

Dalam paparannya yang memukau ratusan peserta kuliah umum itu, Dr Hakeem menyinggung bahwa perguruan tinggi yang memiliki OIF sangat menguntungkan karena dapat mempelajari tentang astronomi dan membantu banyak masyarakat seperti yang dilakukan oleh UMSU. Menurut Dr Hakeem, Ilmu Astronomi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Contohnya perhitungan waktu dalam satu hari dalam 24 jam dan 1 minggu ada 7 hari. Pada setiap gap perubahan dari bulan sabit ke bulan purnama ada 7 hari dalam satu minggu. “Wow execelent (UMSU) I can amazing,” ujarnya dalam bahasa Inggris disambut tepuk tangan.

Dr Hakeem menjelaskan bahwa bapak matematika adalah Alhaitam seorang Scientefic Muslim sebelum Galileo Galilea. Dr Hakeem mengaku bangga mengunjungi dan mengisi kuliah umum tentang astronomi di UMSU. Dia salut karena peserta yang hadir ratusan orang dari mahasiswa hingga dosen yang berasal dari berbagai universitas di Medan dan Aceh. Bahkan dia bangga ketika seorang pelajar usia 8 tahun bertanya kepadanya tentang Planet Pluto: apakah Pluto masih bagian dari planet.

Sang moderator Muhammad Shareza Hafiz dengan cepat menerjemahkan pertanyaan si pelajar ke dalam bahasa Inggris. Lalu, Dr Hakeem tersenyum lantas menjawab pertanyaan bahwa ada ratusan planet yang berada di tatasurya. Salah satunya Pluto. Hanya saja dia menjelaskan bahwa planet ada dua kelompok yakni satu ukuran besar dan satu lagi ukuran kecil. Delapan yang ada itu bagian yang besar, sementara Pluto dan ratusan planet lainnya berukuran kecil. Jadi, Pluto tetap planet, kata Dr Hakeem disambut tepuk tangan dan sebagai tanda akhir sesi diskusi.

Sebelumnya WR I Dr Muhammad Arifin menyampaikan selamat datang di UMSU dan menjelaskan bahwa OIF merupakan satu-satunya observatorium di Pulau Sumatera yang dikelola oleh perguruan tinggi yakni UMSU yang sudah terakreditasi A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.