Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bersama dengan Polda Sumatera Utara menggelar pelatihan Jurnalistik Kehumasan di Era Digital untuk personil dan staf Humas di jajaran Polda Sumut.

Kegiatan yang dibuka Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H ini digelar di Kampus Pascasarjana UMSU, Jalan Denai, Medan, Kamis (24/10). Pelatihan yang diikuti 85 peserta ini mengambil tema “Membangun Humas Sejajaran Polda Sumut Menjawab Tantangan di Era Industri 4.0.

Tampil sebagai pembicara, Dr Ribut Priadi, S.Sos, M.IKom, Ade Ardianta, Akung Noviantara, Ade Ardianta dan Septianda Perdana, S.Sos, MIKom.

Rektor UMSU Dr Agussani MAP dalam sambutannya mengatakan, bahwa selama ini hubungan sinergitas antara perguruan tinggi dengan lembaga kepolisian berjalan sangat baik.

“Tentunya ini tidak terlepas dari peran Kapolda dalam rangka mengayomi seluruh masyarakat Sumatera Utara, termasuk perguruan tinggi,” ujarnya.

Rektor menuturkan, bahwa sosok Pak Kapolda Sumut sudah tidak asing lagi bagi keluarga besar UMSU, karena beliau adalah alumni Program Studi Magister Ilmu Hukum Pascasarjana UMSU.

“Tentunya hal ini sangat membanggakan kita. Kita do’akan kedepan secara akademik semoga berlahan-lahan bisa melanjutkan studinya ketingkat yang lebih tinggi lagi, termasuk juga dalam hal jabatan pada masa yang akan datang,” kata Rektor.

Lebih lanjut rektor menjelaskan, bahwa kegiatan hari ini merupakan bagian dari bentuk kerjasama antara UMSU dengan Kepolisian Sumatera Utara yang selama sudah terjalin sedemikan erat dan harmonis.

Ia mengungkapkan, bahwa selama ini sudah banyak bentuk kerjasama yang sudah dilakukan Polda Sumut dengan UMSU, diantaranya

“Kita ucapkan terimakasih, karena ada sejumlah sumberdaya manusia yang dimiliki UMSU yang dipercaya dan dilibatkan sebagai tenaga ahli di Polda Sumatera Utara,”

Selain itu, Rektor juga menyampaikan apresiasinya terhadap kepemimpinan Pak Kapolda yang sukses dan piawai dalam menyiasati gejolak dinamika sosial politik Indonesia belakangan ini, sehingga sejumlah peristiwa-peristiwa besar yang dilakukan akhir-akhir ini berjalan lancar dan kondusif.

“Ini tentu berkat ‘tangan dingin’ Bapak Kapolda Sumut yang kita cintai ini,” sebut Rektor.

Sementara itu dalam sambutannya Kapolda Sumut menyampaikan kebanggaannya bisa hadir di UMSU yang merupakan almamternya untuk membuka acara yang sangat penting ini.

Secara khusus, Kapolda Sumut juga menyampaikan terima kasih kepada UMSU yang telah memberikan kepercayaan kepada salah seorang keluarga besar Polda Sumut untuk menjadi dosen.

“Mudah-mudahan keberadaan beliau akan memberikan kontribusi, terutama dalam mengajar nanti bisa mengkombinasikan antara teori dan praktik kepada para mahasiswa UMSU,” sebutnya.

Pastinya kerjasama yang sudah dibangun selama ini oleh Polda Sumut dan UMSU bukan sekedar basa-basi, tapi memang betul-betul riil adanya.

Dan kedepan Kapolda Sumut berharap kerjasasama ini bisa lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi dengan mensinkronkan dengan visi program pemerintah yang akan memprioritaskan pembangunan sektor sumber daya manusia Indonesia.

“Dalam konteks ini, tentunya kita (kepolisian) juga tak ingin ketinggalan. Makanya kita berkomitmen untuk terus membenahi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita, salah satunya adalah dengan menjalin kerjasma dengan pihak perguruan tinggi,” jelasnya.

Selanjutnya ia mengatakan, komunikasi adalah suatu yang sangat penting di era digital dewasa ini, dimana kualitas komunikasi akan sangat ditentukan oleh informasi yang berkembang sedemikan cepat, baik positif maupun negatif.

Polda sangat mengkhawatirkan, bahwa informasi negatif yang berkembang di tengah masyarakat bukanlah sekedar sebagai dampak, tapi juga memang sengaja diproduksi dengan tujuan-tujuan tertentu untuk menciptakan keresahan di tengah-tengah masyarakat.

“Karena itu petugas-petugas humas kita kerja dan tanggungjawabnya bukan sekedar untuk mempublikasikan keberhasilan kinerja kepolisian, tapi juga mampu memproduksi informasi-informasi yang akurat dan valid untuk menangkal serbuan informasi-informasi negatif tersebut,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Kapolda, kegiatan ini menjadi sangat penting, terutama bagi personil kepolisian untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi dalam bidang jurnalistik kehumasan yang berbasis digital dewas ini.

“Dari kegiatan ini, kita berharap akan berdampak positif bagi peningkatan kinerja kepolisian di Sumatera Utara,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.