Lulusan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memiliki reputasi tingkat Sumatera Utara, nasional hingga internasional. Untuk itu wajar mahasiswa dan lulusannya disebut paling cemerlang di antara lulusan perguruan tinggi lainnya.

Kepala L2Dikti Sumut Prof Dian Armanto, M.Pd., P.hD mengatakan indikator kecemerlangan yang dimiliki oleh para lulusannya karena UMSU memiliki tata kelola yang unggul dengan Akreditasi A.

“Memang lulusan UMSU paling cemerlang di Sumatera Utara, bersyukurlah masyarakat dapat kuliah di UMSU,” kata Prof Dian Armanto pada acara wisuda di Gedung Selecta Jl Listrik Medan, Selasa (12/11). Selain hadir Rektor UMSU Dr Agussani, MAP, turut hadir Sekretaris PP Muhammadiyah Dr. Agung Danarto, MA, Badan Pembina Harian UMSU Prof Dr Nawir Yuslem, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut Prof Dr Ibrahim Gultom, WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, M.Hum, WR II Dr Akrim, M.Pd, WR III Dr Rudianto, M.Si, pimpinan Aisyiyah Sumut, Ortom Muhammadiyah serta sivitas akademika termasuk dosen tamu dari AS Rosetta.

Menurut Prof Dian Armanto, UMSU juga memiliki SDM dosen yang S3 serta memiliki kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berani menggelontorkan dana penelitian Rp2 miliar pertahun.

Dengan demikian, lanjutnya, UMSU menjadi perguruan tinggi yang mampu menciptakan lulusan dengan SDM yang unggul. L2Dikti, lanjutnya, menyambut baik UMSU yang akan membuka perkuliahan jarak jauh karena UMSU satu-satunya PTS di Sumut yang terakreditasi A. PJJJ dilaksanakan dalam rangka menyahuti angka penduduk yang bisa kuliah.

Prof Dian Armanto mengakui kesuksesan lulusan ke depan karena UMSU memiliki 4 hal yakni mahasiswa dan lulusannya diberi aplikasi teknologi, ilmu, mampu menyelesaikan masalah dan memiliki rasa tanggungjawab.

Sekretaris PP Muhammadiyah Dr Agung Danarto mengatakan kehidupan akademik di UMSU terus berkembang dan maju. UMSU, lanjutnya, telah menjadi rising university. Pengakuan UMSU yang luar biasa ini, dari pemerintah dan masyarakat menjadikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ke-5 di Indonesia yang meraih Akreditasi A dan menjadi PTM andalan di pulau Sumatera. Dia berharap kepercayaan pemerintah dan masyarakat terus ditingkatkan sehingga sukses menuju The World Class University pada tahun 2023. PP Muhammadiyah bangga dengan perkembangan UMSU dengan jumlah mahasiswa dan lulusannya yang berkualitas serta mampu bersaing di pasar kerja.

Sementara Rektor UMSU Dr Agussani, MAP sebelum melantik dan mewisuda para lulusannya mengatakan, pada akhir tahun ini, UMSU memiliki 53 dosen bergelar doktor baru. SDM doktor yang baru tersebut, lanjutnya, akan memperkuat dan meningkatkan mutu lulusan ke depan. Rektor mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang mempercayakan anakknya kuliah di UMSU. Saat ini, lanjutnya, mahasiswa UMSU banyak yang magang bersertifikat di BUMN. Selain itu, meraih banyak prestasi yang membanggakan di tingkat regional, nasional dan internasional.

Pada acara wisuda ini rektor memperkenalkan dosen tamu dari Amerika Serikat yang khusus untuk mengajar di UMSU selama 1 tahun. Kehadiran dosen Rosetta yang mengunakan keredung itu, disambut meriah dan tepuk tangan dari wisudawan dan para orangtua. Secara perlahan tapi pasti UMSU akan menuju World Class University ditandai dengan mulai ramai mahasiswa dari Taiwan, Kamboja dan Thailand belajar di UMSU.
Wisuda periode 2 tahun 2019/2020 kali ini dilakukan selama 3 hari dengan total lulusan yang diwisuda sebanyak 2.498 orang terdiri dari Magister dan Strata 1.

Wisuda yang meriah dan khidmat ini diisi dengan band dan paduan suara dari mahasiswa UMSU yang mampu menghibur wisudawan dan keluarga yang memadati hall Gedung Selecta.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.