Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara sepakat menjalin kerjasama peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pendidikan, penelitian dan pelatihan bagi anggota polri.

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP dan Kapolda Sumut diwakili Wakapolda, Brigjend Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto, SIK, MHum di Mapoldasu, Medan, Jumat (15/11). Dalam kesempatan itu juga ditandatangani nota kesepahaman USU dengan SDM Polri, Unimed dengan Polda Sumut. Dalam penandatanganan kerjasama itu juga dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Sumut, Prof.Dr. Dian Armanto, Phd. Serta Kepala Biro Jianstra SDM Polri, Brigjend Pol Drs Subianto.

Kapolda Sumut diwakili Wakapolda mengatakan, penandatanganan naskah kerjasama Polda Sumut dengan jajaran universitas dalam rangka mewujudkan visi dan misi Polri dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui penyediaan sumber daya manusia berkualitas. Kerjasama ini juga dalam rangka mengajak seluruh perguruan tinggi bisa lebih berperan dan ikut terlibat dalam mengatasi fenomena dimasyarakat.

Dalam kesempatan itu Wakapolda menyinggung tentang peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan. Menurutnya, apa yang dilakukan pelaku perlu menjadi kajian bagi perguruan tinggi. “Tentang perkembangan paham radikalisme yang bisa mendorong orang untuk melakukan tindakan bom bunuh diri perlu juga menjadi kajian bagi perguruan tinggi, di samping persoalan Narkoba,” katanya.

Kepala Biro Jianstra SDM Polri, Brigjend Pol Drs Subianto, menambahkan, Polri saat ini konsen untuk peningkatan kualitas SDM sebagai upaya mewujudkan visi Presiden membangun manusia yang unggul. Sumber daya manusia merupakan modal sangat penting bagi Polri dalam pembenahan organisasi.

Peningkatan kapasitas anggota Polri diyakini akan berdampak positif bagi kinerja pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu diperlukan sinergitas Polri dengan perguruan tinggi.

“Kerjasama dengan USU, Unimed dan UMSU diharapkan akan bisa mendorong stabilitas dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat,” katanya.

Dia berharap, penandatanganan naskah kerjasama tidak berhenti pada hal formalitas, tapi berlanjut dengan aksi nyata sehingga ke depan akan lebih banyak anggota Polri yang bisa ditampung di perguruan tinggi,” katanya.

Sementara Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti penandatanganan kerjasama dengan Polda Sumut dalam bidang pendidikan, penelitian dan pelatihan. Sebelumnya, UMSU dan Polda Sumut sesungguhnya telah melakukan program peningkatan kualitas SDM melalui kegiatan pendidikan, pelatihan.

UMSU juga menyediakan fasilitas pendidikan yang dimiliki untuk digunakan dalam kegiatan rekrutmen calon anggota Polri. Selain itu, UMSU bersama Polda juga telah menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasistas kemampuan anggota Polri khususnya bidang kehumasan.

“Terkait dengan harapan Polda Sumut agar perguruan tinggi bisa menjadikan persoalan narkoba dan penyebaran paham radikalisme, UMSU juga siap mendorong mahasiswa dan para dosen untuk menjadikan masalah tersebut bahan kajian dan penelitian sehingga bisa menjadikan masukan dan solusi penanganannya,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.