Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr Agussani, MAP menjadi tamu khusus Raja Muda Perlis, Tuanku Syed Fizuddin Putra Ibni Tuanku Syed Sirajuddin Jamalullail yang juga Rektor Universiti Malaysia Perlis (UniMAP) dalam acara wisuda (Konvokesyen) lulusan perguruan tinggi tersebut.

Selain menghadiri undangan wisuda, Rektor didampingi Wakil Rektor 3, Dr Rudianto, S.Sos, MSi, Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional, dr Eka Airlangga, SpA, Ketua Prodi Magister Teknik Elektro, Dr Muhammad Fitra Zambak, ST, MT, Kepala Biro Humas dan Protokoler, Dr Ribut Priadi, S.Sos, M.IKom, Staf Humas, Syed Muhammad Nazib, juga menandatangani naskah kerjasama dengan pihak UniMAP.

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan langsung Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP dengan  Prof. Ir. Ts. Dr. R Badlishah Ahmad Vice Chancellor UniMap.
Penandatanganan naskah MoU disaksikan langsung Raja Muda Perlis, Tuanku Syed Fizuddin Putra Ibni Tuanku Syed Sirajuddin Jamalullail didampingi istri, Tuanku Lailatul Shahreen Akashah Khalil, Raja Puan Muda Perlis, Jumat (15/11).

UniMap merupakan salah satu universitas terkemuka di Malaysia yang khusus mengelola pendidikan tinggi bidang teknik (enginering). Ada sejumlah perguruan tinggi yang diundang dalam gelaran wisuda dan juga penandatanganan naskah kerjasama diantaranya dari India, China, Bangladesh selain Indonesia yang diwakili, UMSU dan beberapa kampus lain.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, kerjasama dengan UniMAP merupakan wujud program internasionalisasi kampus sekaligus guna peningkatan penguatan SDM dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Lewat kerjasama yang ditandatangani kedua pihak sepakat untuk melakukan kegiatan peningkatan SDM melalui pertukaran dosen dan mahasiswa serta kerjasama penelitian.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, kerjasama UMSU dan UniMAP punya nilai strategis karena sebelumnya sudah ada agenda kegiatan bersama yang disusun kedua universitas, diantaranya, pertukaran mahasiswa dan dosen serta penelitian bersama. “Kerjasama UMSU dan UniMAP tentu diharapkan tidak hanya tandatangan di atas kertas, tapi sudah ada agenda kegiatan yang disusun bersama,” katanya.

Lebih lanjut, Rektor UMSU mengatakan, pihaknya saat ini fokus untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di ASEAN, China, Jepang dan China Taipei dalam program internasionalisasi kampus. Pilihan menjalin kerjasama perguruan tinggi di lingkup ASEAN serta negara Asia lainnya dinilai lebih membuka peluang untuk tindaklanjut kegiatan.

“Ada banyak hal yang memungkinkan untuk dilaksanakannya kegiatan bersama baik dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Disamping secara geografis, cukup dekat, secara kultur juga banyak kesamaan, sehingga banyak pilihan kegiatan yang dimungkinkan dari kerjasama UMSU dengan perguruan tinggi di ASEAN,” katanya.

Dijelaskan, UMSU telah melaksanakan program kerjasama pendidikan dengan menggelar kegiatan yang bersifat internasional. Betdasarkan catatan, program yang sudah berjalan yakni magang internasional nahasiswa ke Jepang, China Tapei serta KKN internasional ke Thailand dan Kamboja.

“Jika di lingkup kegiatan mahasiswa, sudah cukup banyak kegiatan internasional, maka ke depan diharapkan dengan semakin banyak kerjasama universitas luar negeri bisa menjadi motivasi untuk bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan dosen,” katanya.

Tidak hanya menghadiri undangan UniMap, Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP juga diundang untuk menandatangani naskah kerjasama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Kelantan Malaysia.

“Banyaknya kesepakatan kerjasama luar negeri ini tentu merupakan kesempatan untuk sharing pengetahuan dan pengalaman yang diharapkan bisa lebih memacu pengembangan kualitas pendidikan sekaligus mewujudkan program internasionalisasi kampus, UMSU” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.