Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berhasil meraih predikat sebagai juara umum monitoring dan evaluasi mutu perguruan tinggi swasta terbaik versi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Tahun 2019.

Piagam penghargaan sebagai juara umum diberikan langsung Kepala LLDikti, Prof Dr Dian Armanto, Phd kepada Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP dalam acara Sosialisasi dan Evaluasi Monitoring Mutu yang digelar di Medan, Sabtu (14/12). UMSU terpilih sebagai juara umum dari 226 perguruan tinggi swasta di Sumatera dengan memborong penghargaan terbaik pertama atas tujuh kategori standard penilaian.

Tujuh standard penilaian yang digunakan LLDikti Wilayah I Sumut mengacu pada standard akreditasi perguruan tinggi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Tujuh standard yang menjadi indikator penilaian meliputi, standard 1, visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi Pencapaian. 2. tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. 3, kemahasiswaan dan alumni.
Standar 4; sumber daya manusia, standar 5; kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Standar 6; pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi.
Standar 7; penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

Kepala LLDikti, Prof Dian Armanto, Phd mengungkapkan, pemberian penghargaan kepada perguruan tinghi swasta yang konsisten dan komitmen dalam penerapan sistem penjaminan mutu dimaksudkan sebagai motivasi. “Diharapkan dengan pemberian penghargaan Monev Mutu LLDikti akan menjadi motivasi bagi perguruan tinggi swasta untuk berlomba-lomba memberikan pelayanan pendidikan terbaik,” katanya.

Dia juga memberikan apresiasi kepada UMSU yang berhasil meraih juara umum Monev mutu LLDikti Wilayah Sumut. “Selamat kepada UMSU yang sudah menjadi juara di tujuh standard yang kita Monev,” katanya.

Menurut dia, prestasi yang diraih UMSU bisa jadi modal untuk menghadapi akreditasi sembilan standard. Kreteria penilaian perguruan tinggi ke depan akan semakin ketat sehingga perguruan tinggi dituntut benar-benar bekerja keras dalam men ingkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

Dia berharap, UMSU tidak merasa cepat puas dengan prestasi demi prestasi yang diraih. Pemberian penghargaan sendiri bisa jadi motivasi untuk melanjutkan prestasi ke depannya.

“Selamat mudah-mudahan berkah, mudah-mudahan semua prodinya terakreditasi A. MUdah- mudahan bisa melanjutkan prestasinya,” katanya.

Sementara rektor UMSU, Dr Agussani MAP mengatakan, prestasi sebagai juara umum Monev Mutu yang diraih perguruan tinggi yang dimpimpinnya merupakan hasil pendampingan yang selama ini dilakukan pihak LLDikti Wilayah 1 Sumut. “Prestasi yang diraih UMSU selama ini termasuk dalam juara umum Monev Mutu tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan LLDikti Wilayah I Sumut,” katanya.

Selain itu tentu, tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen seluruh sivitas akademika yang bahu membahu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai kriteria standard Monev Mutu Tri Darma Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah I Sumut. Prestasi yang diraih UMSU sekaligus menjadi motivasi tersendiri bagi UMSU dalam menghadapi akreditasi perguruan tinggi 3.0 dan akreditasi program studi 4.0 yang memiliki sembilan standard.

“Raihan prestasi UMSU sebagai juara umum Monev Mutu LLDikti Sumut dari 226 perguruan tinggi swasta yang ada menjadi motivasi tersendiri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan ke depannya,” katanya.

Sebelumnya UMSU juga meraih prestasi sebagai perguruan tinggi terbaik di Sumut versi Kemenristekdikti ( Kemendikbud sekarang) untuk PTS di Sumut . Selain itu, PTS terbaik di Sumut bidang penelitian dan pengabdian masyarakat serta bidang kemahasiswaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.