Konsulat memberikan tawaran beasiswa kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat.

“Amerika menjadi idaman banyak orang untuk belajar. Terlebih lagi karena Amerika juga menyediakan banyak beasiswa,” ungkap Konsulat Amerika untuk pulau Sumatera  Guy Margalith di Kampus UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Kamis (19/12).

Ia juga mengapresiasi UMSU yang sangat terbuka dan responsif mengembangkan modernisme dan keberagaman. Dia senang bertemu mahasiswa yang menyambutnya dengan ramah dan penuh kehangatan.

Kehadiran Konsul Amerika Serikat ke kampus UMSU sebagai narasumber dalam seminar yang digelar Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.  Seminar yang mengangkat  tema  “Studying In The U.S: Application And Scholarship Information And Tips For Writing Personal Statements” dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UMSU Dr  Rudianto MSi dan diikuti oleh puluhan dosen dan mahasiswa FKIP UMSU.

Dalam acara pembukaan, tampak hadir WR I UMSU Dr Muhammad Arifin Gultom SH MHum, Dosen Tamu Program RELO Rosetta Marie Buick, Dekan FKIP Dr Afrianto MPd, WD I Dra Hj Syamsuyurnita MPd, WD III Dr Dewi Kesuma Nasution, MHum dan Ka Prodi Bahasa Inggris Mandra Saragih SPd MHum.

Dalam sambutannya, Rudianto menjelaskan, bahwa kerjasama UMSU dengan Amerika sudah berlangsung cukup Lama. Dan kedepan UMSU akan terus membangun sinergi dengan Amerika dan banyak negara lainnya untuk menjadikan UMSU Kampus Internasional. Dan saat ini, UMSU terus gencar melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dan Perguruan Tinggi Asing.
“Kerjasama itu merupakan bagian dari Program Internasionalisasi UMSU menuju  Word-class University,” ujarnya

Selain itu, kata Rudianto,  ini juga merupakan bentuk komitmen UMSU dalam mendukung program Internasionalisasi PTMA yang sekarang lagi digalakkan oleh  Majelis Diktilitbang Muhammadiyah.

”Kepada mahasiswa dari berbagai fakultas yang mengikuti seminar diharapkan memahami bagaimana caranya untuk mendapatkan kesempatan kuliah di Amerika dengan fasilitas beasiswa scholarship,” katanya.

Sedangkan  Dekan  FKIP UMSU Dr Efrianto MPd menjelaskan, bahwa selama ini  kerjasama UMSU dengan Konsulat Amerika sudah berlangsung sangat  intensif.

“Berbagai tema kuliah umum sudah diselenggarakan. Bahkan melalui RELO (Regional English Lenguage Office) Amerika Serikat   menempatkan dosen Bahasa Inggris untuk mengajar di UMSU,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.