Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Negeri Medan (UNIMED) sepakat untuk memperkuat kerjasama dalam rangka peningkatan kualitas pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Hal itu terungkap dalam kunjungan silaturrahim Rektor UMSU Dr. Agussani MAP ke kampus UNIMED, Jumat (3/1).

Kunjungan Rektor UMSU dan jajaran diterima langsung oleh Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes,  Dr. Restu, MS. (Wakil Rektor I), Dr. Martina Restuati, M.Si. (Wakil Rektor II), Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. (Wakil Rektor III), Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D. (Wakil Rektor IV). Dalam pertemuan silaturrahim itu, kedua pihak saling memberi informasi perkembangan kampus masing-masing.

Pada pertemuan itu Rektor UMSU Dr. Agussani MAP didampingi Wakil Rektor I Dr. Muhammad Arifin M.Hum, Wakil Rektor II, Dr Akrim MPd, Wakil Rerktor III Dr. Rudianto, MSi, Sekretaris Rektor Gunawan M.TH serta Kepala Biro Humas dan Protokoler, Dr Ribut Priadi, S. Sos, M.IKom. “Kehadiran UMSU ke UNIMED selain silaturrahim, juga untuk memperkuat kerjasama yang telah dibangun selama ini,” ungkap Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP membuka pertemuan.

Dijelaskan dia, perjalanan UMSU hingga seperti sekarang ini tidak terlepas dari dukungan kerjasama dengan UNIMED. Keberadaan UMSU dan capaian prestasi serta akreditasi A yang diperoleh UMSU, sebelumnya juga tidak terlepas dari peran serta dan dukungan pihak UNIMED.

“Kami tidak memungkiri bahwa perjalanan sejarah UMSU tidak terlepas dari peran serta dan dukungan dari UNIMED. Kerjasama yang dibangun selama ini bukan basa basi tapi ada juga ikatan emosional yang menguatkannya” kata Agussani.

Dia berharap, jalinan kerjasama dengan UNIMED bisa lebih diperkuat, khususnya bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Apalagi UMSU memiliki rencana program pengembangan pendidikan dengan membuka jenjang pendidikan S3.

“UMSU juga ingin belajar dari UNIMED untuk mendapatkan akreditasi internasional,” katanya.

Rektor UNIMED, Dr Syamsul Gultom, SKM, M Kes dalam kesempatan itu mengungkapkan, peningkatan kerjasama dengan UMSU sekarang ini merupakan momen yang tepat. Apalagi UNIMED dalam waktu dekat akan bersiap melakukan reakreditasi institusi dengan sembilan standard.

“Saya memberikan apresiasi terhadap raihan prestasi UMSU yang saat ini merupakan satu-satunya PTS di Sumatera terakreditasi A. UMSU sekarang ini adalah mitra yang diharapkan bisa menghasilkan luaran atas kerjasama yang dilakukan, khususnya bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana disyaratkan dalam akreditasi sembilan standard,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, UMSU dan UNIMED punya kesamaan visi yang diharapkan bisa lebih memperluas layanan pendidikan berkualitas kepada masyarakat. “Sudah menjadi tanggung jawab UNIMED untuk memberikan bimbingan dan dukungan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Posisi UMSU sekarang ini adalah sebagai mitra yang diharapkan bisa berjalan bersama untuk tumbuh dan berkembang bersama memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.