Kedutaan Prancis untuk Indonesia melalui Campus France Medan, melakukan menawarkan beasiswa dan studi lanjut ke Prancis untuk Program Diploma, Sarjana, Master hingga PhD .

Tawaran itu disampaikan dalam sosialisasi yang dilaksanakan di kampus UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Rabu (8/1).

Sosialisasi program beasiswa ke Prancis ini merupakan salah satu program Internasionalisasi kampus dalam rangka menuju UMSU World Class University. Krgiatan ini juga srbagai tindaklanjut penandatanganan kerjasama antara UMSU dan Institut Francais d’Indonesie.

Dalam program tersebut, Campus France menggandeng Alliance Francaise juga mensosialisasikan bagaimana kehidupan di Prancis dan berlatih memperoleh kemampuan bahasa Prancis.

Program tersebut diinisiasi oleh Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional UMSU dengan berkunjung ke setiap fakultas agar mahasisea yang berminat mendapatkan informasi lebih spesifik terkait kampus-kampus tujuan di Prancis.

Menurut Wakil Rektor 3 UMSU, Dr Rudianto, S Sis, MSi, dalam kegiatan ini sudah empat fakultas yang menjadi host acara sosialisasi beasiswa ke Prancis, yaitu FKIP, FAI, Faperta dan FEB.

Dalam kegiatan ini pihak Prancis menghadirkan Junita Togatorop, M.Sc (Alliance Francaise) dan Nur Hidayah (Campus France). Pemateri merupakan lulusan dari Pendidikan Master Sastra Prancis di Prancis dan didampingi oleh Direktur Alliance Francaise Chloé Graniou.

Dijelaskan Rudianto, hadirnya para alumni perguruan tinggi Prancis di UMSU merupakan momentum mendapatkan informasi sebagai gambaran bagaimana studi dan hidup di Prancis sehingga lebih benar-benar merasakan atmosfir hidup di negara yang terkenal dengan Menara Eifel itu.

Kehadiran mereka di UMSU juga diharapkan dapat memberikan warna baru dan semngat baru bagi mahasiswa serta dosen untuk mengejar beasiswa dan melanjutkan studinya ke Prancis sehingga lebih membuka wawasan keilmuan dan pengalaman untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Selain berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang belajar di Prancis, narasumber juga menggelar diskusi dengan mahasiswa dan dosen yang berminat melanjutkan studi dengan beasiswa ke Prancis. Diskusi dilaksanakan secara maraton dengan mengunjungi sejumlah fakultas.

” Pembicara dan direktur AF disambut oleh masing-masing dekanat untuk melakukan diskusi lebih lanjut tentang trik khusus studi di Prancis dan Bagaimana Beasiswa itu mudah dicapai termasuk juga penguasaan bahasa yang minimal B2 dalam Standar Delf (Ijazah Bahasa Prancis).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.