UMSU Gelar Konferensi Internasional Bersama Tiga NegaraUniversitas Muhammadiyah Sumatera Utara bersama dengan sejumlah universitas ternama di Malaysia, China dan Bangladesh akan menggelar konferensi internasional bertajuk ” Communications Scientific Inquiry” pada Tahun 2021.

Hal itu terungkap dalam pertemuan yang digelar antara delegasi UMSU di Kampus Universitas Malaysia Perlis, (UniMAP) Malaysia, Kamis (6/2). Hadir dalam pertemuan itu, Wakil Rektor 2 UMSU, Dr. Akrim, SPdI, MPd. Wakil Rektor 3 Dr Rudianto, S.Sos, MSi, Pengurus LKUI Rafiqa, MSi. Ketua Prodi Magister Teknik Elektro Dr Muhammad Fitra Zambak, ST, M.Sc. Dari UniMAP hadir Timbalan Naib Chancelor Bidang Akademik Prof. Dr. Mohd Rizal Arshad, Dr Sharmini Binti Abdullah Dekan Fakultas Pusat Bahasa Antarbangsa, serta staf.

Menurut WR 3 UMSU Dr Rudianto, S.Sos, MSi, keterlibatan UMSU dalam kegiatan konferensi internasional tersebut merupakan bagian kesepakatan kerjasama dengan UniMAP. Selain menggelar kegiatan bersama, ada sejumlah poin yang disepakati antara UMSU dan UniMAP.

“UMSU berkomitmen untuk terlibat dalam kegiatan konferensi internasional sebagai bagian kepanitiaan bersama UniMAP dan sejumlah Kampus di Malaysia, Hongkong dan Bangladesh, selain mengirimkan staf pengajar sebagai narasumber konferensi,” katanya.

Dijelaskan dia, poin lain yang disepakati UMSU dalam sesi diskusi dengan TNC Penyelidikan,TNC Akademik, Dekan PPKSE, Dekan PPKKP UniMAP adalah Visiting Lecturer, kredit transfer mahasiswa, penyertaan Expo, studi lanjut dan magang internasional. Sejumlah kesepakatan kerjasama itu akan memberikan manfaat yang sangat positif bagi kedua universitas.

Semua poin kesepakatan itu tentu tidak hanya di atas kertas tapi diwujudkan dalam bentuk kegiatan. Melalui kerjasama ini diharapkan akan membuka peluang untuk lebih banyak terlibat dan menjalin hubungan internasional.

“Hal ini sejalan dengan visi UMSU menjadi universitas berkelas internasional pada 2033,” katanya.

Terkait dengan tema konferensi internasional, dijelaskan dia, model pembelajaran scientific inquiry , penting dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diikuti dengan semakin dinamis dan kompleksnya kehidupan maayarakat. Model pembelajaran ini melibatkan siswa dalam suatu masalah penelitian dengan membantu siswa mengidentifikasi konsep dan metodologi pemecahan masalah pada area penelitian, dan mengajak siswa untuk merancang cara untuk mengatasi masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.