PKIM UMSU 2020 Lahirkan 14 produk Inovasi MahasiswaAjang Pekan Kreatifitas dan Inovasi Mahasiswa ke V Tahun 2020 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses melahirkan sebanyak 14 produk inovasi hasil karya mahasiswa.

Demikian terungkap dalam laporan kegiatan PKIM ke V Tahun 2020 yang ditutup Rektor, Dr Agussani, MAP di aula kampus, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Jumat (28/2). “Saya mengucapkan apresiasi atas kegiatan PKIM yang digelar dengan menghasilkan karya-karya inovatif mahasiswa dan selamat kapada para seluruh pemenang perlombaan,” katanya.

Menurut Rektor, PKIM merupakan even yang penting dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti ajang perlombaan di tingkat regional dan nasional serta internasional. Untuk itu kepada para pemenang agar terus berlatih dan tidak cepat merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.

“Saya berharap kepada mahasiswa yang berhasil meraih juara agar terus mempersiapkan diri dengan berlatih untuk mengikuti even yang lebih tinggi,” katanya.

Dijelaskan dia, PKIM yang digelar selain untuk melatih dan membangun semangat berkompetisi, sekaligus juga bisa jadi motivasi bagi mahasiswa untuk berlomba-lomba meraih prestasi. “Saya berharap kepada mahsiswa yang belum berhasil meraih prestasi untuk tidak menyerah, tapi terus berlatih mengasah kemampuan sehingga ke depan bisa meraih yang terbaik,” katanya.

Sementara Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Dr Rudianto, S.Sos, MSi mengatakan, PKIM UMSU yang digelar setiap tahunnya merupakan even yang dimaksudkan sebagai upaya untuk menjaring mahasiswa berprestasi yang nantinya dipersiapkan guna mengikuti komperisi di tingkat regional dan nasional.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sendiri adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia ( sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia. Even ini untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat luas.

Produk inovasi yang dihasilkan mahasiswa ini bersaing untuk memdapatkan posisi terbaik. Dari sebanyak 14 produk tersebut diantaranya berbasis teknologi digital untuk selanjutnya dipilih lima terbaik.

Berikut produk inovatif karya mahasiswa yang bersaing dalam ajang PKIM UMSU 2020 yakni, Sarpu (Smart Crossword Puzzle) karya mahasiswa FKIP, Pintu Pintar Sidik Jari dan Android (Fakultas Teknik).

Selanjutnya, aplikasi laporan keuangan akuntansi (FKIP), Pakan puyuh “Pop Quail”
(Fakultas Pertanian), VinPPle Pest Kill Pembasmi Hama tanaman (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), SC Noel Sepatu Inovasi
(FKIP).

Berikutnya Bio SP (Akarisida Organik) (Fakultas Pertanian), Augmented Reality Astronomi karya mahasiswa Fakultas Teknik, BOS (Botol Sofa) inovasi karya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jam Tangan dari Batok Kelapa motif Batak
(FAI), Peternakan Kambing Modern
(FEB), Printed Scraf Waterproof (FAI), Pasbupi Ambupi Organik (FEB) serta Oplel Celluler (FKIP).

Dari ke 14 karya inovatif mahasiswa terpilih lima yang terbaik yakni,
Juara I, FKIP (Sarpu: Smart Crossword puzzle) Juara II, Fatek ( Pintu Pintar sidik jari Android), III FKIP ( Laporan keuangan akuntansi berbasis aplikasi). Selanjutnya juara harapan I (pakan Puyuh) kedua ( Vinpple pest kill Pembasmi hama tanaman) dan harapan III ( SC Noel sepatu inovasi).

Dalam ajang PKIM V Fakultas Agama Islam kembali sukses meraih gelar juara umum,setelah berhasil mengumpulkan medali terbanyak dari berbagai cabang yang dikompetisikan, disusul FISIP dan Fakultas Ekomomi dan Bisnis.

Selain memperlombakan cabang Techno Preneurship PKIM V juga memperlombakan bidang kreatifitas, minat dan bakat. Berikut daftar para pemenang lomba, cabang Lomba Vocal Solo (Pop), juara I Auji Nabila : FISIP, II Rizky Zuanda: (Fahum), III, Yudi Setiawan (FISIP). Cabang lomba vocal solo (dangdut): juara I Ahmad Khairi (FISIP), II Fahmi Zulfikar (FEB), III Wiji Utari (FKIP)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.