Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr Agussani, MAP mengeluarkan surat edaran kepada seluruh sivitas akademika untuk menjalankan prilaku hidup sehat sehubungan dengan semakin merabaknya wabah COVID-19 (Coronavirus Disease) yang mulai terjadi pada tahun 2019.

Surat  yang ditujukan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan terkait merebaknya penyebaran virus corona itu, maka Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menghimbau seluruh sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk:

1. Menangguhkan perjalanan ke luar negeri untuk keperluan yang dapat ditunda, terutama di negara-negara terdampak COVID-19;
2. Bagi yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri (khususnya dari negara-negara yang terpapar COVID-19 versi WHO), harap membatasi interaksi (self isolated) dengan sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara lainnya maupun anggota
keluarga/rumah tangga selama 14 hari sejak kepulangannya ke Indonesia. Jika dalam masa 24 hari tersebut mengalami demam, batuk, pilek, sesak dan lainya, mohon untuk segera periksa ke RSU dr. Pirngadi Medan dan mengirimkan hasil check-up via email ke baum@umsu.ac.id;
3. Melakukan perilaku hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun (atau alcohol based hand rub/hand sanitilzer), mengkonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh, meminimalkan kegiatan di keramaian yang kurang diperlukan.
4. Melindungi diri dan lingkungan dengan memakai masker dan mengurangi interaksi dengan sesama sivitas akademika Universita Muhammadiyah Sumatera Utara lainnya, maupun anggota keluarga/rumah tangga bagi yang mengalami gejala-gejala influenza.
5. Secara aktif melakukan upaya kewaspadaan influenza termasuk SARS dan COVID-19 di unit kerja masing-masing dengan melakukan: (1) penyebaran informasi (literasi kesehatan) tanpa membuat panic; (2) menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun/hand rub berbasis alkohol di setiap ruangan/tempat-tempat strategis; (3) membuat ketentuan agar cleaning service lebih sering membersihkan tempat-tempat yang sering terpegang tangan seperti meja (terutama pada ruang-ruang rapat), gagang pintu, gagang jendela, papan tombol lift, pegangan/rel tangga, dan lain-lain dengan disinfektan (larutan kaporit 0.1% sesuai standar WHO).

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.