Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Publik (HMJ IAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) menggelar seminar dan diskusi publik bertema strategi pengelolaan dan pengembangan zona ekonomi eksklusif (ZEE) di Sumatera, di Auditorium Kampus UMSU, Jalan Mukhtar Basri Kota Medan, Kamis (12/3/2020).

Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa menghadirkan tiga pembicara, yakni Dr. Dedi Iskandar Batubara, S.Sos, MSP selaku Anggota DPD RI, Mayor Laut Sujarwo Hermawan dari Lantamal I Belawan, dan Nalil Khairiah, M.Pd selaku Ketua Prodi IAP yang juga sedang studi S3 Hubungan Internasional di Unpad Bandung.

Dalam seminar yang dihadiri ratusan mahasiswa itu, Anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara menyampaikan paparan menarik. Kata Dedi, jika pengelolaan laut dan penanganan zona ekonomi eksklusif salah kebijakan, Indonesia bisa makin terpuruk. Kekayaan laut dan potensi pantai yang dimiliki Indonesia seharusnya dikelola dengan baik, bukan malah dimanfatkan orang luar atau pihak asing.

“Penanganan masalah yang terjadi di laut, sifatnya masih responsif dan insidental. Jika ada masalah, baru ada respons. Belum terencana secara jelas dalam sebuah blue print,” ujar anggota DPD RI yang sekarang diberi kewenangan membidangi masalah perikanan dan kelautan.

Menurut Dedi, perhatian pemerintah terhadap kelautan belum maksimal, termasuk juga keberpihakan terhadap nelayan yang masih kurang. Padahal, wilayah laut lebih luas dari daratan.

Sebelumnya, seminar yang merupakan program kerja HMJ IAP FISIP UMSU dibuka WR 3, Dr. Rudianto, M.Si. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk pengembangan potensi mahasiswa dan HMJ juga sekaligus sebagai wujud eksistensi prodi, fakultas, dan universitas. Tema seminar juga menarik dalam konteks diskusi pengembangan potensi kelautan Sumatera Utara,” paparnya.

Hadir dalam kegiatan itu Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh MSP, WD 1 Zulfahmi Ibnu M.IKom, WD 3 Abrar Adhani M.IKom, Sekretaris Prodi IAP Ananda Mahardika MSP dan beberapa dosen lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.