Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera  Utara (UMSU) bersepakat menjalin kerjasama nota kesepakatan (MoU) untuk mengoptimalkan pembangunan  khususnya di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan oleh masyarakat Kabupaten Labura.

Nota kesepakatan tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Labura H Kharuddin Syah, SE dan Rektor UMSU Drs  Agussani MAP di kampus utama UMSU Jalan Muktar Basri Medan, Senin (28/2).

Menurut Kharuddin Syah. Tujuan dari kerjasama ini meliputi peningkatan mutu kualitas pendidikan dan guru di  Kabupaten Labura, peningkatan pendidikan lanjutan guruguru di Kabupaten Labura, peningkatan percepatan  kesejahteraan guru terutama untuk membantu proses sertifikasi guru di kabupaten Labura.

Sedangkan dari pihak UMSU, kata Agussani, mencakup tentang penelitian mahasiswa dan dosen UMSU di Labura,  pengabdian mahasiswa dan dosen UMSU kepada masyarakat di Labura dan peningkatan kegiatan di bidang  pendidikan luar sekolah (PLS).

Agussani menyebutkan nota kesepakatan ini ditindaklanjuti dalam bentuk perjanjian kerjasama yang disusun secara  tersendiri antar satuan institusi dari kedua belah pihak sesuai bidang atau aspek yang akan dikerjasamakan. Untuk  pembiayaan, segala biaya dalam pelaksanaan kegiatan kerjasama yang disetujui kedua belah pihak diusahakan secara  bersama oleh pihak Pemkab Labura dan UMSU.

Nota kesepakatan akan dirinci dan disusun untuk setiap kegiatan yang disepakati oleh kedua belah pihak. Kerjasama  antara Pemkab Labura dan UMSU berlaku untuk jangka waktu satu tahun terhitung sejak ditandatangani kedua belah  pihak dan dapat diperpanjang atau diperbaharui kembali atas kesepakatan kedua belah pihak. Apabila terjadi perbedaan  pendapat atau kesalahpahaman dalam pelaksanaan kegiatan kerjasama ini, maka kedua belah pihak sepakat untuk  menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat.

Sedangkan halhal yang belum diatur dalam nota kesepakatan ini akan diatur kemudian dalam bentuk addendum atas  kesepakatan kedua belah pihak dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari nota kesepakatan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.