Walikota Medan  Drs H Rahudman Harahap MM, hari ini Kamis (7/4) meresmikan launching (peluncuran) M Radio bertempat di Auditorium Kampus Utama UMSU Jl Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan. Demikian dikatakan Humas Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Anwar Bakti kepada wartawan di Medan, Rabu (06/04)
M-Radio merupakan badan usaha milik UMSU dan satu-satunya radio Perguruan Tinggi di Sumatera Utara yang bersifat komersial, ujar Anwar Bakti

Lanjutnya, Radio UMSU sendiri sudah berdiri sejak 18 tahun lalu yang diresmikan oleh H. Harmoko selaku Menteri Penerangan (Menpen) RI saat itu. Waktu itu radio tersebut bernama Radio Dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara (Damusu)dan siarannya bersifat komunitas. Artinya siaran radio hanya untuk konsumsi komunitas Kampus UMSU dan keluarga besar Persyarikatan Muhammadiyah Sumatera Utara.

Oleh karena radio ini merupakan badan usaha milik UMSU, maka berdasarkan hasil musyawarah belum lama ini antara Rektor UMSU Drs Agussani M.AP dengan pihak manajemen radio dipimpin oleh Drs HM Natsir Isfa MM telah disepakati untuk merubah orientasinya dari yang hanya bersifat komunitas menjadi bersifat komersial dan namanya dirubah menjadi M – Radio agar cakupannya bersifat lebih umum”, terang Anwar.

Menurutnya, tujuan dari perubahan tersebut tidak lain agar radio milik UMSU ini dapat mengembangkan sayapnya di tengah-tengah masyarakat Sumatera Utara sehingga mampu berperan sebagai badan usaha UMSU yang potensial dan diandalkan dari segi bisnis penyiarannya.

Acara peluncuran (launching) ini, kata Anwar, akan dihadiri oleh instansi terkait, mass media, kalangan Perguruan Tinggi dan perusahaan serta kalangan lain yang dianggap bisa menjadi pangsa pasar bisnis penyiaran M Radio. Pada acara itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba baca berita dan lomba karaoke yang diadakan oleh M Radio beberapa hari sebelumnya.

Ditambahkannya bahwa M Radio dipimpin oleh Drs HM Natsir Isfa, MM selaku Direktur dan siarannya mengudara melalui gelombang 91,6 FM. HM Natsir Isfa merupakan pensiunan pejabat Radio Republik Indonesia (RRI) yang diyakini mampu mewujudkan harapan Rektor UMSU terkait masa depan radio tersebut.
Sementara itu secara terpisah, Rektor UMSU Drs Agussani, M.AP menyatakan bersyukur dengan diluncurkannya M Radio sebagai satu-satunya radio komersial milik Perguruan Tinggi di Sumatera Utara.

Dia berharap agar M Radio disamping menjalankan fungsi bisnisnya, juga aktif berperan dalam menyiarkan dakwah Muhammadiyah dan mensosialisasikan UMSU di tengah-tengah masyarakat agar UMSU ke depannya lebih berkembang lagi dan mampu memenangi persaingan ketat di era globalisasi dewasa ini khususnya di bidang pendidikan tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.