Kabar gembira perteateran kampus kembali menjamah tanah Sumatera Utara. Seni dan Budaya Sumatera Utara kembali diperhitungkan setelah Teater Sisi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (TESIS-UMSU) berhasil masuk dalam sepuluh finalis  Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO V) di Palembang. Kegiatan ini  diadakan di Universitas Sriwijaya sebagai tuan rumah dan berlangsung dari tanggal 18-25 April 2011.

Teater Sisi sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater yang selalu aktif dalam kegiatan perteateran di kota Medan kembali mencoba peruntungan kembali setelah mengikuti FESTAMASIO III di Yogyakarta tahun 2005 lalu yang di ketuai Agung Saputra kini TESIS-UMSU di Pimpin oleh Malizar Hairunnisa Parinduri sebagai Ketua Umum Teater Sisi UMSU telah mampu mengalahkan seratus teater kampus di seluruh Indonesia yang lolos sleksi untuk mengikuti  FESTAMASIO V Palembang. Salah satu yang membanggakan lagi bahwa mereka adalah satu-satunya teater kampus dari Sumatera Utara yang lulus seleksi.

Dikatakan Stage Manager Rian Harahap bahwa mereka melakukan proses sudah dari tahun 2010, dan pihak Universitas menddukung sepenuh nya dalam kegiatan ini baik secara moril dan materi,  Apalagi pada Selasa lalu Glady Rehearsal di Taman Budaya Sumatera Utara naskah “Paranoia” karya Yondik Tanto itu sukses dipentaskan dan mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Teater Sisi UMSU memberangkatkan 11 (sebelas) anggotanya yaitu Rifky Arnold , Malizar Hairunnisa Parinduri, Ade Aritago, Wike Permata Kasih, Sheila Fitria Mingka,Annisa El atikah, Arief Sinaga, Ira Maya ,Lukman Hakim dan Terakhir Rian Harahapyang rata-rata adalah Mahasiswa Aktif UMSU. Dalam keberangkatannya kali ini Teater Sisi UMSU mempunyai target mendapatkan beberapa kategori yang di nilai di atas panggung dan besaing dari berbagai Universitas di Indonesia diantaranya UNSYIAH Aceh, UNAND Padang, UPI Bandung, UGM Jogjakarta, ITS Surabaya, STAIN Pontianak, IAIN Surakarta, UNM Malang dan  UMI Makasar.

Dalam kesempatan lain Rektor UMSU Drs. Agussani , M.AP mengatakan Universitas selalu mendukung acara yang mampu mendongkrak prestasi Mahasiswa nya tidak hanya di akademik, akan tetapi  di bidang-bidang lainya yang menyangkut kepada kreatifitas Mahasiswa apalagi event ini membawa harum nama Sumatera Utara. Teater Sisi UMSU selalu hadir di ajang nasional dan mampu menyisihkan berbagai teater kampus lain di Sumatera Utara. Ia berharap bahwa Teater Sisi UMSU Mendobrak kebuntuan Teater di Sumatera saat ini. Dukungan selalu ada buat kreatifitas baik dukungan moril dan materil, tutup bapak Rektor

Usaha telah dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan tinggallah sebuah penggapaian mimpi itu harus diwujudkan dengan segala kesungguhan . Doa dari masyarakat Sumatera Utara sangat dibutuhkan guna memberi sebuah motivasi bagi adik-adik di Teater Sisi UMSU , tambah Agung Saputra Pembina Teater Sisi UMSU.

Pemenang

Adapun pemenang dalam kegiatan ini Teater Gajah Mada UGM meraih juara Terbaik I, Teater Lakon Bandung UPI Juara terbaik ke-II, Tetaer Sisi UMSU meraih juara terbaik ke-III.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.