Buku berjudul Oegroseno: Pengabdian Polisi tak Kenal Lelah akan diluncurkan di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada Sabtu, 21 Mei 2011 mendatang. Ketua Pelaksana, Farid Wajdi SH MHum mengatakan, peluncuran buku yang ditulis Yulhasni dan Arifin Saleh Siregar, keduanya dosen UMSU tersebut, juga akan dihadiri langsung oleh mantan Kapolda Sumut Komjen Pol Drs Oegroseno SH. Beliau sudah menyatakan kehadirannya pada acara tersebut,ujar Farid Wajdi yang juga Dekan FH UMSU seraya menjelaskan Oegroseno juga akan memberikan sambutan pada acara itu.

Dijelaskan Dekan Fakultas Hukum UMSU ini, buku yang dicetak oleh penerbit CV Predana Jakarta tersebut berisi pandangan kedua penulis tentang pemikiran sosok Oegroseno yang sempat menjabat Kapolda Sumut beberapa waktu lalu. ‘’Dalam buku tersebut kita akan memperoleh rekaman tentang program dan pemikiran Oegroseno agar polisi lebih humanis,papar Farid Wajdi.

Dijelaskan Farid Wajdi, dalam buku setebal 157 halaman, pembaca akan memperoleh sosok pemikiran Oegroseno yang dinilai banyak melakukan perubahan mendasar dalam usaha memperbaiki citra polisi di Indonesia. Penulis membagi empat bagian buku tersebut dan pembaca dapat memperoleh informasi-informasi penting dalam pemikiran sosok Oegroseno,papar Farid Wajdi. Kempat bagian itu, kata Farid, yakni Polisi di Mata Masyarakat: Stigma Polisi yang Sulit Dihapus, Membumikan Citra Polisi Humanis, Oegroseno Berbakti tidak Harus Jadi (Ka) Polri, dan Mereka Bicara.

Secara terpisah, dua penulis buku Yulhasni dan Arifin Saleh Siregar mengatakan karena beragam keterbatasan, masih banyak yang masih luput dari sosok Oegroseno untuk ditulis. Pemikiran beliau kadang melampaui dari yang kita pikirkan. Kadang kita sendiri lupa dia itu Kapolda atau masyarakat sipil biasa. Bahkan kadang-kadang kita berpikir, dia bisa jadi aktivis LSM,ujar keduanya.

Selain dihadiri Rektor UMSU, Drs Agussani MAP, peluncuran buku ini juga akan dihadiri Kapolda Sumut, Plt Gubsu, Walikota Medan, Walikota Binjai, Bupati Serdang Bedagai, pers, NGO, advokat, akademisi/aktivis kampus dan mahasiswa.

Peluncuran buku itu akan diisi juga dengan testimoni sejumlah tokoh masyarakat, di antaranya War Djamil mewakili tokoh pers dan Ketua DPRD Sumut. Kita juga mengundang Ilham Wahyudi, penyair Sumatera Utara yang juga alumni UMSU untuk membacakan puisi-puisinya,’’kata Farid.

Rektor UMSU Drs Agussani MAP memberi apresiasi atas peluncuran buku ini. Agenda ini dapat membuka jalan bagi para penulis agar lebih kreatif dan produktif dalam mencerahkan pemikiran lewat tulisan. Apalagi sosok yang ditulis sudah begitu dekat dengan hati warga Sumatera Utara. Agussani berharap, seiring dengan itu, kiranya dalam waktu yang tidak terlalu lama, budaya tulis di semua kalangan dapat semakin berkembang. Dengan begitu, budaya intelektual lewat tulisan dapat tumbuh pula dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here