Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) dalam rangka penguatan lembaga penjaminan mutu pendidikan serta pembukaan program S3 Ilmu Hukum.

“Sebenarnya ada tiga bidang yang menjadi fokus kerjasama yakni , penguatan lembaga penjaminan mutu pendidikan, kerja sama untuk pembukaan program S3 Hukum serta peningkatan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia,” ungkap Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Drs Agussani, MAP kepada wartawan usai penandatanganan MOU di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta, Kamis (9/6).

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan Rektor UMSU, Drs Agussani, MAP dan Rektor UII, Prof, DR Edy Suandi Hamid, MSc. Acara penandatanganan tersebut turut disaksikan Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. DR Asmuni MA, Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian UMSU, H Ishaq Jar serta Wakil Rektor II, Bidang Administrasi dan Keuangan, H Suhrawardi K Lubis, SH, MHum, MKn.

Menurut dia, kerjasama tersebut dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia nantinya akan dilakukan dengan pertukaran staf pengajar yang diharapkan bisa berbagi pengalaman.

“Kerjasama UMSU dengan UII ini juga penting dalam rangka menghadapi tantangan pendidikan ke depan yang kian kompleks. Apalagi dengan adanya perdagangan bebas ASEAN China yang nantinya disusul dengan diberlakukannya masyarakat ekonomi ASEAN,” katanya.

Langkah Strategis

Dijelaskan dia, sebagai lembaga pendidikan, UMSU harus mengambil langkah-langkah strategis guna mengantisipasi perkembangan ke depan sehingga lulusan yang dihasilkan benar-benar siap untuk menghadapi persaingan yang makin ketat. Hal ini sesuai dengan moto UMSU sebagai lembaga pendidikan yang unggul, cerdas, terpercaya, kuat dan bermakna.

“UMSU akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas lulusannya sehingga mampu memenangkan persaingan dan tidak kalah dengan lulusan universitas lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, hubungan kerjasama UMSU dengan UII sebenarnya sudah cukup lama terjalin, khususnya ditingkat pimpinan dalam rangka saling bertukar informasi dan pengalaman. Namun baru saat ini hubungan kerjasama itu diformalkan sehingga diharapkan bisa lebih memaksimalkan tujuan dan upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Mengenai kerjasama pembukaan program S3 hukum, Agussani menjelaskan, UII dikenal sebagai salah satu universitas yang memiliki lulusan terbaik di Indonesia . Hal itu terbukti dari banyaknya lulusan universitas tersebut yang kini menduduki jabatan strategis di lembaga hukum di Indonesia seperti Mahkamah Konstitusi dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Bagi UMSU tegasnya, penting untuk menimba pengalaman dari UII yang juga dikenal sebagai salah satu universitas Islam tertua di Indonesia. Sebagai sesama universitas Islam, kerjasama UMSU dan UII tentu bernilai strategis dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.