Jerit tangis dan wajah pasrah 125 anak-anak mewarnai kegiatan khitanan massal yang diselenggarakan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Durian, Kecamatan Medan Timur dan Fakultas Hukum UMSU di Komplek Perguruan Muhammadiyah Jl. Karantina Nomor 80 Medan pada Minggu (19/06). Khitanan massal ini disokong Laziswa Muhammadiyah Sumatera Utara, PT Pertamina dan PDAM Tirtanadi Sumatera Utara.

Kegiatan khitanan massal ini dibuka Ahmad Dairobi, S.Ag Ketua PRM Durian, Kecamatan Medan Timur. Beliau mengatakan, semoga kegiatan ini akan membawa kemaslahatan bagi masyarakat umum serta memberi barokah bagi lembaga yang melaksanakan.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk aksi kepedulian sosial Muhammadiyah dan Fakultas Hukum UMSU kepada masyarakat. Sementara Ketua Panitia, Shadikin, SAg, melaporkan, terdapat 125 anak yang akan dikhitan dari masyarakat kurang mampu.

Baik Ahmad Dairobi maupun Shadikin mengharapkan, kegiatan khitanan massal ini dapat diselenggarakan secara rutin pada masa mendatang agar dapat membantu meringankan beban kaum dhuafa karena biaya khitan semakin mahal saat ini. “Kami mohon doa agar bisa menjaga amanat ini serta tetap istiqomah dalam mengelola kepercayaan masyarakat”, kata Ahmad Dairobi dan Shadikin.

Sebelumnya pada Sabtu, 18 Juni 2011 telah dilaksanakan karnaval pengantin khitanan, didukung drum band SD Muhammadiyah 13 di sekitaran lingkungan Kelurahan Durian. Kemudian malamnya dilanjutkan dengan tabligh akbar dengan penceramah Drs. Tenerman.

Jelang 30 Tahun FH UMSU

Dekan Fakultas Hukum UMSU Farid Wajdi dalam kesempatan lain menyampaikan terima kasih kepada para donatur, Tim Medis dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan khitanan massal ini. Bahkan bagi masyarakat yang belum berkesempatan mengikuti khitanan, FH UMSU merencanakan untuk mengadakan Khitanan Massal sebanyak 3000 anak bagi orang orang yang tidak mampu pada Rabu, 29 Juni 2011 nanti, serentak di 21 Kecamatan se-Kota Medan.

Agenda ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan pihak Sumut Pos, Laziswa Muhammadiyah, PDM Kota Medan, FK UMSU, RSU Muhammadiyah, Dinas Kesehatan Medan, dan M-Radio.

Farid Wajdi menambahkan agenda khitanan 3.000 merupakan rangkaian kegiatan jelang 30 tahun FH UMSU, tepatnya 1982-2012 dan diharapkan jadi kebanggan warga Kota Medan dan Sumatera Utara pada umumnya.

Pendaftaran peserta gratis, terbuka untuk semua golongan dan lapisan masyarakat di Kota Medan sekitarnya. Informasi pendaftaran dapat ditanyakan langsung pada nomor telepon 085220440938 (Zakirman), 085762057772 (Rahadian) dan 081376658902 (Deddi Purba).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.