Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) Gubsu Gatot Pudjo Nugroho mengharapkan prestasi olahraga mahasiswa Sumut harus lebih menyakinkan.

Namun sayang harapan itu tidak disampaikan langsung oleh Gatot, melainkan dalam sambutan tertulis dibacakan Kadispora Sumut Ristanto SH SpN pada pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Sumatera Utara (POMSU) 2011 di GOR PBSI Jalan Pancing /Williem Iskandar Medan Estate, Senin (4/7).

Menurut Gatot, prestasi olahraga mahasiswa Sumut masih bisa dimaksimalkan. Karenanya, pelaksanaan POMSU yang berlangsung hingga 9 Juli ini sangat penting sebagai sarana untuk lebih serius memperhatikan atau mengevaluasi kemampuan atlet.

Gatot juga mengharapkan para atlet menjaga citra sebagai generasi muda penerus tongkat kepemimpinan bangsa. Karenanya,meski prestasi harus diraih di event ini, tapi sportivitas harus tetap dijaga.

Sebelumnya Ketua Umum KONI Sumut H Gus Irawan Pasaribu SE MM menyebutkan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan POMSU. Ini karena tujuannya sangat positif, selain menjaring atlet persiapan menghadapi POMNAS di Batam September mendatang, juga sebagai sarana silaturahim para mahasiswa di provinsi ini.

Gus Irawan juga memberi apresiasi kepada Bapomi Sumut pimpinan Drs Agus Sani MAP yang telah memassalkan olahraga di kalangan perguruan tinggi, sehingga POMSU diikuti 1589 atlet dari 58 perguruan tinggi negeri dan swasta.

“Sudah saatnya memang olahraga selalu menghiasi keseharian kita, termasuk mahasiswa. Sebab olahraga mengajarkan kita nilai – nilai kompetitif, sportivitas, disiplin dan menjadikan kita sehat dan bugar,” ujar Gus yang juga Dirut PT Bank Sumut.

Ketua Umum Bapomi Sumut Drs Agus Sani MAP dalam kesempatan tersebut menjelaskan, POMSU terlaksana berkat metode kebersamaan seluruh pimpinan perguruan dan sekolah tinggi daerah ini.

Agus Sani juga menyampaikan apresiasi khusus kepada Ketua Umum KONI Sumut Gus IrawanPasaribu.”Kami merasakan betul betapa besar perhatian Pak Gus Irawan kepada Bapomi Sumut. Dan kami berharap kerjasama yang telah terjalin selama ini bisa terus berlanjut,” kata Agus Sani.

“Kami juga mengharapkan Pemprovsu memberi alokasi dana tambahan bagi Bapomi Sumut khususnya menghadapi Pomnas di Batam,” tambahnya.

Meriah

Meski ribuan mahasiswa dan pimpinan perguruan tinggi serta civitas akademis kecewa karena Plt Gubsu urung membuka langsung event ini, tapi mereka akhirnya terhibur karena pembukaan berlangsung meraih.

Puncak kemeriahan saat ditampilkannya kesenian tradisional Sumut, yakni Tor-tor sigale-gale yang menggunakan patung laki-laki tingginya sekitar 2,5 meter. Kesenian yang berasal darimasyarakat suku batak toba ini mendapat apresiasi sekitar 2.000 pengunjung, dan tumpah ke gelanggang bersama-sama untuk menortor termasuk Sekjend PP Bapomi Widio Winarso.

Tarian ini dipersembahkan Akademi Kebidana Mitra Husada. Sebelumnya juga ada cherleaders dan tarian salsa dipersembahkan mahasiswa USU.

Ketua Panpel Ir RO Sitorus MM menyebutkan POMSU yang dilaksanakan hingga 9 Juli 2011 diikuti 1589 atlet dari 58 PTN/PTS mendatang diikuti 10 cabang olahraga, yakni atletik, renang, pencak silat, karate, catur, bulutangkis, bola voli, basket, sepak takraw dan futsal.

Hadir pada pembukaan kemarin, para pimpinan perguruan tinggi termasuk PR II Unimed Drs Chairul Azmi Hutasuhut MPd, Ketua Harian KONI Sumut John Ismadi Lubis, KomandanPPI KONI Sumut Prof Agung Sunarno, Pengpov Cabang olahraga dan undangan lainnya.

Seusai pembukaan, cabang bolabasket langsung memulai pertandingan di Lapangan Sekolah Sutomo.

Adapun hasil pertandingan basket, Putra: USU vs UMA 40-22, IBBI-UMSU 55-35, Mikroskil menang WO atas Polmed , Unimed vs Cendana 39-44, IAIN-PIA 42-38, IT&B vs LP3i 101-29. Putri: UMSI – Deli Husada 57-0, USU vs UMA 19-7. (mp/Harian Analisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.