Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melalui Badan Takmir Masjid (BTM) Taqwa UMSU, dalam bulan Ramadhan 1432 H/2011 M selama sebulan penuh mengisi kegiatan di Masjid tersebut dengan mengadakan Ceramah Malam Bada Isya sebelum pelaksanaan sholat Tarawih, Ceramah Bada Subuh dan Ceramah Bada Zuhur.

Demikian disampaikan Ketua BTM Taqwa UMSU, Akrim, S.PdI, M.Pd yang juga Dekan Fakultas Agama Islama (FAI) UMSU melalui Kahumas UMSU Drs. Anwar Bakti kepada wartawan di Kampus Utama UMSU Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan, Selasa (26/7) sore.

Bertindak sebagai penceramah dari kalangan dosen UMSU, Tokoh Muhammadiyah Sumatera Utara di antaranya Prof. Dr. H. Asmuni MA, Prof. Dr. H. Hasyimsyah Nst MA, Drs. H. Burhanuddin M.Ag, Prof. Dr. Ali Ya’kub Matondang MA, Drs. H. Dalail Ahmad MA,  Rafdinal S.Sos, M.AP dan lainnya serta beberapa tokoh public figure tingkat Sumut dan Nasional antara lain Ketua Umum PSSI Prof. DR. Ir. H. Djohar Arifin Husin, Pengurus MUI Sumut Prof. DR. H. Ramli Abdul Wahid MA, politisi Sumut yang juga Wakil Ketua DPRD-SU Ir. H. Kamaluddin Harahap M.Si, mantan Dirut PDAM Tirtanadi DR. H. Syahril Pasaribu, M.Si, MA, M.Psi dan pakar kesehatan DR. H. Delyuzar SpPA.

Isi ceramah meliputi berbagai hal mengenai ajaran, budaya dan pemikiran Islam sampai kepada aliran-aliran sesat dalam Islam dan pelaksanaan ibadah khususnya yang berkaitan dengan Puasa Ramadhan dimaksudkan untuk menambah wawasan Keislaman dan memberikan pencerahan rohani dalam rangka mewujudkan ummat Muslim yang taqwa.

Rektor UMSU Drs. Agussani, M.AP melalui Kahumas UMSU Drs. Anwar Bakti kepada wartawan mengutarakan bahwa kegiatan di Masjid Taqwa UMSU selama sebulan penuh itu diikuti oleh segenap civitas akademika UMSU dan warga masyarakat sekitar Kampus.

“Kita berharap kegiatan Ramadhan ini dapat menjadi momentum untuk melakukan perubahan dan perbaikan diri untuk meraih predikat taqwa sebagai jenjang tertinggi dari keimanan seorang Muslim. Saya juga menghimbau kepada para dosen dan karyawan UMSU agar selama bulan Ramadhan tetap bersemangat memberikan pelayanan dan pengabdian yang terbaiknya karena prinsipnya dalam Islam bahwa bekerja itu adalah bagian dari ibadah”, tutur Agussani.

Anwar Bakti menambahkan bahwa pada bulan Ramadhan 1432 H, Pusat Studi Al-Islam & Kemuhammadiyahan bekerjasama dengan PW Aisyiyah Sumatera Utara akan menyelenggarakan kaderisasi untuk meningkatkan kualitas keagamaan di lingkungan Kampus UMSU khusus bagi karyawati dan dosen perempuan UMSU. (          )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.