Peran anggota dewan (legislatif) dinilai sangat penting dalam pemberdayaan umat Islam. Sebab peranan legislatif dalam pemberdayaan umat Islam tidak hanya dilakukan di satu bidang semata,melainkan untuk semua sektor atau bidang di masyarakat.

“Salahsatunya, peran anggota dewan yang khusus berasal dari kader-kader Muhammadiyah sudah banyak dilakukan untuk kepentingan dan pemberdayaan umat.Termasuk ikut serta memperjuangkan pembangunan Masjid Taqwa, Sekolah Muhammadiyah maupun pembangunan infrastruktur Gedung Dakwah Muhammadiyah yang tersebar di sumatera Utaram,”kata Wakil Ketua DPRDSU, Ir H Kamaluddin Harahap MSi saat menjadi pembicara Ceramah Ramadhan di Masjid Taqwa Kampus UMSU Jalan Mukhtar Basri Medan, Kamis (18/8).

Ceramah Ramadhan digelar usai sholat Dzuhur tersebut dihadiri Rektor UMSU, Drs H Agussani MAP, Wakil Rektor II, H Suhrawardi SH SpN MH, para Dekan dan Pembantu Dekan, serta dosen,karyawan dan mahasiswa di lingkungan kampus UMSU.

Kamaluddin menyampaikan, setiap tahunnya alokasi dari APBD Sumut rata-rata Rp10 miliar telah diperuntukkan bagi kepentingan amal usaha Muhammadiyah, fasilitas rumah ibadah dan sekolah MUhammadiyah. “Hal ini sudah tentu tidak seperti semudah membalik telapak tangan, jika tanpa adanya perjuangan anggota legislatif khususnya yang berasal dari kader-kader Muhammadiyah,”kata Kamaluddin juga Wakil Sekjen DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Untuk itu, lanjut Kamaluddin, sudah selayaknya patut dibanggakan bahwa hingga kini umat Islam di Indonesia mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi hingga Kabupaten/Kota, jumlah beragama Islam masih mayoritas.”Makanya dengan jumlah anggota legislatif kita yang mayoritas tersebut, maka sangat diharapkan kuatnya pemberdayaan bagi umatnya Islam,”katanya.

Seperti di DPRD Provinsi Sumatera Utara, jelas Kamaluddin, dari APBD Sumut senilai Rp4,3 triliuan, aspirasi kepentingan umat Islam sudah tentu tidak terabaikan begitu saja. “Sebab perjuangan kawan-kawan kita di legislatif sudah sangat banyak andilnya untuk membantu gerakan dakwah umat Islam di Sumut. Mulai dari rumah ibadah, fasilitas pendidikan agama maupun dukungan politik berupa finansial terhadap organisasi kemasyarakatan,”kata Kamaluddin.

Kamaluddin menegaskan, perjuangan untuk pemberdayaan umat tersebut disebabkan kuatnya kewenangan dimiliki legislatif untuk menekqan eksekutif, dalam rangka mengalokasikan anggaran.Untuk itu diharapkan bagi umat Islam untuk bersatu dalam menyuarakan dukungannya untuk legislatif berasal dari umat islam sendiri khususnya kader Muhammadiyah, sehingga bisa berimbas diperjuangkannya aspirasi dan perjuangan untuk Muhammadiyah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here