Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan menyembelih hewan qurban sebanyak 12 ekor lembu di Kampus Utama UMSU Jl Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan selepas pelaksanaan sholat Idul Adha 1432 H, Minggu [6/11].

Humas UMSU Anwar Bakti mengatakan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban yang pertama dilakukan oleh Rektor UMSU Drs Agussani MAP didampingi para wakil rektor dan dekanat di lingkungan UMSU.

“Alhamdulillah, tahun ini hewan qurban yang disembelih di UMSU meningkat dibanding tahun lalu yang hanya berjumlah 9 ekor tapi tahun ini menjadi 12 ekor lembu. Dari 12 ekor lembu tersebut diberikan 2 ekor kepada masyarakat sekitar kampus sebagai wujud kepedulian UMSU dimana nantinya pelaksanaan pemotongan dan pembagian dagingnya dilakukan oleh masyarakat sendiri dibawah koordinasi Kepala Lingkungan,” tutur Anwar didampingi Kepala Biro Umum Ahmad Sinaga di Kampus UMSU, Rabu [19/10].

Sementara yang 10 ekor, kata Anwar, disembelih di kompleks Kampus dan dagingnya dibagi-bagikan kepada para karyawan, dosen dan civitas akademika UMSU lainnya.

Sementara itu di kesempatan terpisah, Rektor UMSU Agussani menyebutkan bahwa hakikat berqurban itu mengandung dua dimensi ibadah dalam Islam yakni “Hamblum Minallah” dan “Hablum Minannas” dalam arti berqurban merupakan simbol kepatuhan kepada perintah Allah SWT dan juga merupakan kepedulian atau sikap berbagi dengan sesama manusia.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang para civitas akademika UMSU khususnya mereka yang berpenghasilan tinggi lebih meningkat lagi motivasinya dalam berqurban sehingga menjadi tauladan bagi umat Muslim lainnya,” kata rektor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.