Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyerahkan bantuan dana hibah penelitian sebesar Rp90 juta kepada 26 dosen. Pemberian bantuan hibah penelitian ini diharapkan memacu dosen untuk gemar membuat karya penelitian.

Rektor UMSU, Agussani menyatakan, program penelitian internal yang baru diberlakukan tahun ini menjadi sarana bagi dosen untuk mengasah kemampuannya melakukan penelitian. Hal ini sesuai dengan tridarma perguruan tinggi, salah satunya penelitian. “Kita harus terbiasa saat ini dengan penelitian-penelitian,” ujarnya kemarin.

Selain itu, program hibah penelitian internal yang dibiayai UMSU ini juga untuk mengasah kemampuan dosen sehingga nantinya mampu bersaing dalam program hibah penelitian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendiknasbud). Agussani menuturkan,selama ini, dosen UMSU selalu mendapatkan dana hibah penelitian.

Untuk tahun 2011, UMSU meraih dana Desentralisasi Penelitian dari Dikti sebesar Rp875 juta. Dana ini melingkupi berbagai penelitian yang sudah dikirimkan para dosen UMSU sebelumnya.“Kami harapkan lebih banyak lagi yang mendapatkan dana ke depan karena sudah terlatih di sini,”ujarnya.

Bagi para dosen yang tidak lulus dalam program itu, UMSU akan terus memberikan pelatihan. Mereka akan kembali diikutsertakan dalam program hibah penelitian internal berikutnya sehingga secara perlahan bisa lulus.“Jadi para dosen mengerti bagaimana membuat penelitian yang baik,”pungkasnya.

Sementara salah satu tim penguji, Rafiqi menyatakan, berdasarkan hasil penilaian tim,hanya 26 dari 75 penelitian dosen yang berhasil lulus mendapatkan dana hibah penelitian. Sebanyak 23 di antaranya untuk dosen muda dan 3 dana hibah bersaing. “Seluruh penelitian yang berhasil masuk tersebut merupakan penelitian yang menyentuh aspek sosial di masyarakat. Kami berharap para peneliti dapat menyelesaikan penelitian tersebut dengan baik,”tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.