Rektor UMSU Drs Agussani MAP mengatakan mahasiswa harus menjadi wirausaha muda mandiri yang tangguh dan berkualitas.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas dibukanya kantor home enterprenuership yang merupakan kemitraan dengan Bank Mandiri sebagai upaya untuk meningkatkan minat mahasiswa menjadi wirausaha muda mandiri yang tangguh dan berkualitas,”kata Agussani didampingi Mula P Sitinjak mewakili Bank Mandiri Sumut di kampus Jalan Muktar Basri Medan, Kamis (16/2).

Hadir pada peresmian tersebut Direktur Home Enterprenuership UMSU Januri SE MSi, Dekan FE UMSU Zulaspan Tupti SE MSi, Dekan FP Ir Aldriwidirsyah MP, Wakil Dekan III FE UMSU Surya Lesmana SE MSi sekaligus dilaksanakan workshop wirausaha muda mandiri dengan pembicara Mula P Sitinjak.

Dalam sambutannya, Agussani mengatakan, keberadaan home enterprenuership UMSU ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen untuk memberikan semangat baru kepada seluruh sivitas akademika agar mampu membuka peluang usaha dan menjadi seorang wirausaha muda mandiri. “Kita sangat mendukung kegiatan program wirausaha karena lulusan UMSU yang unggul, cerdas dan terpercaya tidak hanya diharapkan menjadi alumni yang siap bersaing di lapangan pekerjaan tapi juga hendaknya bisa menjadi mahasiswa maupun alumni yang siap pakai di dunia usaha dan industri dengan membuka wirausaha untuk mengatasi jumlah pengangguran,” tambahnya.

Dimanfaatkan

Sedangkan Direktur Home Enterprenuership UMSU Januri menambahkan, kantor ini akan dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa UMSU dan pelatihan dosen mata kuliah kewirausahaan, seiring dengan di semua program studi di UMSU sudah diberikan mata luliah kewirausahaan.

Di UMSU sendiri katanya yang juga Wakil Dekan I FE ini, program enterprenuership sudah digagas sejak tahun 2009.

Menurutnya, program kemitraan selama ini sudah terjalin erat dengan diberikannya bantuan buku-buku kewirausahaan, pendidikan dan latihan untuk ToT (training of trainer) bagi mahasiswa dan dosen UMSU.

Mula Sitinjak perwakilan Bank Mandiri Sumut mengharapkan mahasiswa agar tidak takut untuk melakukan wirausaha muda mandiri, karena pihaknya sangat konsern untuk membantu dan mengembangkan program wirausaha mandiri yang dicanangkan sejak tahun 2007 sampai sekarang dan senantiasa komit untuk mendukung program wirausaha muda mandiri di perguruan tinggi.

Selain di UMSU, beberapa perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri juga telah mendapatkan bantuan program kewirausahaan muda mandiri. Untuk itu kedepannya diharapkan program wirausaha muda mandiri ini akan lebih pesat berkembang terutama bagi dunia perguruan tinggi di Sumut. (maf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.