Kapolda Sumatera Utara Irjen WisjnuAmat Sastro mengajak mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebagai calon pimpinan bangsa harus memperlihatkan moral yang tinggi, serta mampu menjadi teladan. Dihadapan sekitar 2 ribuan peserta Masa Ta’aruf (Masta) IMM-UMSU, di kampus Utama UMSU, Kamis (13/9).

Irjen Pol Wisnu Amat, menaruh harapan besar kepada para mahasiswa UMSU dapat berperan sebagai panutan ditengah masyarakat. Dalam acara Pembukaan Masta IMM yang dihadiri Rektor UMSU Drs.Agussani, MAP, para wakil Rektor dan Pimpinan Fakultas dilingkungan UMSU, Kapoldasu mengingatkan para mahasiswa agar mempergunakan otak dan otot atau jiwa dan raga dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan muncul sikap dan sosok yang berimbang antara jiwa dan raga.

Kepada para mahasiswa baru UMSU, lebih lanjut Kapolda menjelaskan paradigm baru polisi “trust bulding” yakni membangun kepercayaan masyarakat untuk sama-sama bekerja, serta prinsip “partnership building” agar polisi mampu memerankan diri sebagai mitra masyarakat. Menurut Kapolda, mahasiswa boleh saja melakukan kritik terhadap pemerintah, asalkan disesuaikan dengan aturan , tidak kebablasan apalagi anarkis. Dengan demikian diharapkannya mahasiswa dapat menjadi agent of change yang dapat melakukan perubahan-perubahan dan inovasi ditengah masyarakat.

Ditengah perubahan yang terjadi saat ini, Kapolda Irjen Pol.Wisnu Amat mengingatkan para mahasiswa untuk memiliki jiwa enterpreuner agar kelak mampu menciptakan lapangan kerja, sehingga tidak menjadi beban dalam pembangunan bangsa. Budayakan hidup sehat dengan menghindarkan penggunaan narkoba, tegasnya lagi. Para mahasiswa juga diajak untuk tidak terjebak dalam berbagai tindak pidana seperti geng motor yang akhir-akhir ini menimbulkan keresahan masyarakat.

Sebelumnya Rektor UMSU Drs.Aguissani MAP dalam sambutannya mengatakan, MASTA-IMM merupakan gerbang awal dari sistem pengkaderan IMM yang merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak dibidang kemahasiswaan. Diharapkannya dari kegiatan MASTA yang berlangsung selama tiga hari, dapat dilahirkan kader-kader IMM yang militan dan kelak menjadi tokoh tingkat nasional.

Dalam acara pembukaan MASTA IMM tersebut, turut memberikan sambutan Ketua FOKAL IMM Sumut yang juga anggota DPR-RI Drs.H.Ibrahim Sakty Batubara, MAP, Wakil Ketua PWM Sumut Drs.H.Dalail Ahmad,MA, dan Pengurus DPP-IMM, serta DPW-IMM Sumut Jefrizal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.