Wali Kota Medan Rahudman Harahap menyapa ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) saat kegiatan Massa Penyambutan dan Pengenalan Pahasiswa Baru (MPMB), di kampus utama UMSU (10/9).

Di hadapan mahasiswa, Rahudman mengingatkan bahwa pendidikan merupakan faktor dominan dan stretegis bagi kemajuan sebuah negara. Dengan pendidikan berkualitas bisa dihasilkan sumber daya manusia yang unggul, baik secara spritual, integelensi maupun skill.

“Sebagai lembaga dan komunitas dalam bidang pendidikan, UMSU dituntut untuk dapat mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas dan mampu bersaing dalam pasar kerja global. Untuk itu, penyelenggaraan sistem pendidikan harus demokratis, memperhatikan kebutuhan dan keadaan daerah, peserta didik, serta mendorong partisipasi masyarakat,” ujar Rahudman.

Selain itu, kata Rahudman, lulusan perguruan tinggi harus tanggap terhadap perubahan, memiliki jiwa inovatif, kreatif yang mampu menciptakan peluang usaha, serta berkemampuan membangun jejaring usaha. Di samping itu mendidik mahasiswa untuk dapat menjadi wirausaha yang mampu mengembangkan Industri daerah yang kompetitif.

“Saya ingatkan dan harapkan kepada para mahasiawa baru agar memanfaatkan waktu selama menempuh studi di kampus ini dengan bersungguh-sungguh. Timbalah ilmu sebanyak-banyaknya, terapkan disiplin, selalu bersyukur, dan ingat akan kerja keras orangtua,” kata Rahudman.

Sementara itu, Rektor UMSU Agussani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan masa pengenalan ini diikuti sekira 5.000 mahasiswa baru. Kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap tahun. Melalui kegiatan tersebut akan membentuk kemesraan antara mahasiswa dengan para civitas akademik. Sehingga, proses perkuliahan dan adaptasi lingkungan kampus dapat berjalan lancar.

“Kehadiran Wali Kota Medan Rahudman Harahap menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan pendidikan, kepeduliannya kepada UMSU. Banyak sudah perhatian Pemko Medan terhadap UMSU, karena UMSU adalah bagian dari Kota Medan,”ucapnya.

Selain menyapa mahasiswa baru, Rahudman sebelumnya menandatangani kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemko) Medan dan UMSU di bidang pengembangan pendidikan dan penelitian yang bersifat saling menguntungkan.

“Melalui kerjasama ini, kami harapkan UMSU bisa memberikan ide-ide dan penelitiannya dalam memajukan pendidikan di Kota Medan,” ucap Rahudman.

Salah satu buah kerjasama itu adalah kesempatan bagi mahasiswa kedokteran angkatan I UMSU praktik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan. Selain itu, bantuan-bantuan infrastruktur pendidikan lainnya. Di sisi lain, dengan kerjasama ini pihak UMSU akan menyumbangkan ide-ide dan gagasan, baik dari mahasiswa maupun dosen untuk kemajuan pendidikan, maupun pembangunan pendidikan di kota ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.