Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memperoleh juara umum Pekan Olahraga Mahasiswa Sumatera Utara (POMSU), setelah mengumpulkan peroehan medali terbanyak, yakni 3 medai emas dan 1 perak dari lima cabang olahraga yang dipertandingkan.

UMSU memperoleh 3 emas dari cabang catur 2 emas melalui pecatur putri Ummi Ummaiyah dan 1 emas cabang voli putri. Posisi kedua ditempati STMIK-STIE Mikroskil dengan mengumpulkan 2 emas, 4 perak dan 1 perunggu. Perolehan medali Mikroskil keseluruhannya diperoleh dari cabang catur. Posisi ketiga ditempati Universitas Sumatera Utara (USU) 2 emas, 1 perak dan 4 perunggu. 2 emas USU didapat dari cabang tenis meja. Sedangkan Universitas Panca Budi (Unpab) berada di posisi keempat dengan raihan 2 emas yang diperoleh dari cabang tenis meja dan boa voli putra. Sedangkan Universitas Dharmawangsa memperoeh 1 emas dari cabang futsal.

Ketua Umum Pengprov Bapomi Sumut Drs Agussani MAP didampingi Sekretaris Bapomi Sumut Budi Indra Syahdewa dan Ketua Panpel  H Muhammad Arifin SH MHum, Minggu (11/11) menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya program tahunan Bapomi Sumut menggelar POMSU sejak 5 sampai 10 November 2012.

Bapomi Sumut, sebut Agussani, telah mengadakan kegiatan POMSU sebanyak enam kali sejak 2005. Pada tahun 2011 yang lalu, POMSU menjadi ajang pembinaan dan sekaligus seleksi atlet mahasiswa Sumatera Utara untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas ) yang diadakan dua tahun sekali. Tahun ini meskipun tidak untuk Pomnas tapi akan memperlihatkan prestasi atlet-atlet mahasiswa dari perguruan tinggi tertentu. Kegiatan ini cukup bergengsi jika dilihat bagaimana para peserta membawa nama perguruan tinggi mereka masing-masing.

Di sisi lain, Bapomi Sumut mengharapkan, pertandingan ini dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang nantinya akan membela nama Sumatera Utara di tingkat yang lebih tinggi. Juara pada POMSU 2012 ini memang belum otomatis akan mewakili Sumut di Pomnas 2013 mendatang, karena sebelum event nasional itu, masih akan digelar POMSU sekali lagi. “Sebelum Pomnas nanti, kita masih bisa menggelar POMSU, jadi itulah seleksi untuk mewakili Sumut,” ungkapnya.

Selain itu, dia menambahkan, untuk POMSU selanjutnya, pihaknya mempertimbangkan agar menambah cabang pertandingan sesuai dengan cabang yang dipertandingkan di Pomnas. “Sebelumnya, POMSU juga mempertandingkan karate, mungkin untuk tahun depan, cabang olahraga yang dipertandingkan akan ditambah sesuai dengan Pomnas,” pungkasnya. POMSU 2012 diikuti 26 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Sumut.

Sementara pada pertandingan terakhir cabang bola basket di GOR Samudera Jalan Pancing Medan, Sabtu (10/11),  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Eka Prasetya berhasil mengawinkan gelar juara basket, setelah mengalahkan lawan-lawannya pada babak final. Pada kelompok putra, STIE Eka Prasetya meraih juaga setelah mengalahkan ITMI dengan skor tipis 52-49. Pertandingan ini berjalan sengit. Pada kuarter pertama, Eka Prasetya hanya unggul 12-10. Pada kuarter kedua dan ketiga, Eka Prasetya sedikit menjauh dan unggul 27-21 dan 42-33.

Namun, pada kuarter keempat, ITMI mampu memberikan perlawanan, sehingga Eka Prasetya yang dilatih Suwandi sempat kewalahan. Bahkan, beberapa menir jelang laga berakhir, ITMI sempat unggul 47-46. Namun, berkat ketenangan, STIE Eka Prasetya menang dengan skor 52-49. Perunggu diperoleh STMIK Time.

Sebelumnya, pada kelompok putri, STIE Eka Prasetya juga meraih juara setelah mengalahkan STMIK TIME dengan skor 51-42. Eka Prasetya yang diperkuat beberapa mantan pemain PON Sumut hanya mendapat perlawanan pada kuarter pertama dan unggul tipis 11-10. Setelah itu, Eka Prasetya melaju dengan unggul 23-12 di kuarter kedua, 38-25 di kuarter ketiga sebelum menutup pertandingan dengan kemenangan 51-42. Perunggu diperoleh USU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.