Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik (HMS-FT) yang akan melaksanakan kegiatan Sipil Bangun Desa (Sibades) 2013 di Desa Karya Maju, Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat mulai 1-7 Juli 2013 mendatang.

Hal itu diungkapkan Rektor UMSU Drs Agussani MAP ketika membuka Sibades dan Seminar Ilmiah di aula kampus Jl Muktar Basri Medan, Rabu (5/6).
Hadir di kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan H Muhammad Arifin Gultom SH MHum, Dekan FT Rahmatullah ST, MSi, Wakil Dekan I Munawwar ST MT, Wakil Dekan III Randi Gunawan ST MSi, Ketua Program Studi Teknik Sipil Dr Ade Faisal dan Sekretaris Program Studi Irma Dewi ST MSi.

Agussani mengatakan, saat ini telah terjadi perubahan pola pikir (mindset) dalam membangun universitas. Oleh karenanya dibutuhkan komitmen yang tinggi dari pimpinan fakultas, salah satunya melaksanakan program tridharma perguruan tinggi seperti pengabdian kepada masyarakat yakni melakukan berbagai kegiatan yang dapat menyentuh kepentingan masyarakat.

Melalui kegiatan Sibades yang dilaksanakan HMS-FT UMSU ini akan dapat membantu masyarakat di Langkat yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. “FT harus dibangun oleh kader mahasiswanya sendiri dan kedepannya kelak diharapkan mahasiswa bisa menjadi pioner kader-kader pemimpin bangsa yang baik,” jelasnya.

Sementara itu Dekan FT Rahmatullah mengatakan, program yang dilaksanakan mahasiswa ini sangat baik dan perlu didukung fakultas. Sibades 2013 merupakan program pengabdian masyarakat yang berkelanjutan berbasis keprofesian teknik sipil.

Adapun agenda kerja yang dilakukan antara lain, pengelolaan sanitasi air bersih berupa pembangunan 4 unit mandi,cuci, kakus (MCK), pendirian rumah pintar dan bakti sosial seperti penyuluhan kesehatan lingkungan, perlombaan ilmiah, lomba hitung cepat, lomba kerakyatan untuk anak desa, pengajaran pendidikan untuk SD dan sarasehan dengan masyarakat desa.

Apalagi tambahnya, program Sibades 2013 ini ditujukan bagi masyarakat desa yang belum mendapatkan program PNPM. Oleh sebab itu, HMS-FT UMSU hendaknya juga mampu bekerjasama dengan fakultas lainnya untuk mendukung sukses terselenggaranya kegiatan tersebut.

Bahkan berdasarkan survei tim Sibades HMS ditemukan beberapa masalah komplek yang berkembang di masyarakat yakni meliputi kesulitan air bersih, sarana dan prasarana kurang memadai, kualitas pendidikan yang masih rendah dan penyuluhan di bidang kesehatan, pendidikan dan pertanian yang tidak tersalurkan.
Wakil Dekan III Randi Gunawan menambahkan, FT UMSU hendaknya mampu sebagai perekat bagi fakultas lainnya dan senantiasa menciptakan kreasi dan inovasi yang bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat desa.

Usai pembukaan dilaksanakan juga seminar ilmiah bertema, “Penerapan Manajemen Konstruksi Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi dan Bata/Beton Ringan, Salah Satu Materi Inovatif Pada Proyek Konstruksi dengan narasumber antara lain, Alamsyah ST (praktisi konstruksi) dan Abdi Noor MT (Manajer Konstruksi Habel Indonesia) serta pemutaran film dokumenter publikasi kegiatan HMS-FT UMSU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.