Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi tuan rumah pertemuan Forum Rektor Indonesia (FRI)se-Sumatera pada tanggal 5-6 Juli 2013. Kegiatan ini mengambil tema 2014: Indonesia di Persimpangan Jalan: “Kepemimpinan Indonesia baru menyongsong Era Asia”.

Wakil Rektor III yang juga Humas UMSU H Mhd Arifin Gultom, SH M.Hum mengatakan Pertemuan Forum Rektor Indonesia se-Sumatera akan dihadiri oleh seluruh Rektor dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Sumatera yang berjumlah 865 Universitas/institute/Sekolah Tinggi/Akademisi juga ketua KPUD Provinsi se-Sumatera.

Acara akan dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Sementara Ketua DPD RI, Irman Gusman, MBA menjadi Keynote Speech dengan materi Reformasi dan Otonomi Daerah: Sejauh mana pencapaiannya? dan juga Komisioner KPU RI, Sigit pamungkas, SIP, M.A materi Peranan Perguruan Tinggi dalam pendidikan partisipasi Pemilu menuju Indonesia yang Demokratis. Deputi Evaluasi kinerja Pembangunan kementerian PPN/Bappenas, Dr. ir. Edi Effendi Tedjakusuma, MA akan memberikan materi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2014-2019. Kegiatan akan diakhiri dengan sidang pleno perumusan hasil Pertemuan FRI se-Sumatera.

FRI merupakan tempat berkumpulnya para intelektual dan Rektor di berbagai universitas di Indonesia.  FRI resmi berdiri pada  tanggal  7  November  1998 di Bandung, yang merupakan hari di mana diadakan pertemuan Rektor se-Indonesia yang bertempat di Sasana Budaya Ganesha ITB.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here