MEDAN (Berita): Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) telah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2012/2013. Pusat pendaptaran di kampus utama UMSU Jalan Mukhtar Basri Medan.
“Untuk tahun akademik 2014-2015 UMSU menerima 5.500 mahasiswa baru,” kataKetua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UMSU Dr Muhyarsyah MM kepada wartawan, di Kampus UMSU, Sabtu kemarin.

Fakultas yang menerima pendaftaran mahasiswa baru, Fakultas Kedokteran/S1, Fakultas Agama Islam/ S1, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ilmu Keguruan/S1, Fakultas Pertanian/S1, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/S1, Fakultas Ekonomi/S1 dan D3, Fakultas Hukum /S1 dan Fakultas Teknik /S1. Sedangkan untuk Program Pascasarjana antara lain, Program Magister Ilmu Hukum, Magister Manajemen, Magister Kenotariatan, Magister Ilmu Komunikasi dan Magister Akutansi.

Untuk menerima mahasiswa baru tahun ini, UMSU membuka dua gelombang pendaftaran. Gelombang I mulai 3 Maret sampai 13 Juni dan tes masuk 14 Juni 2014.  Gelombang II dimulai 14 Juni sampai 11 Juli dan tes masuk 12 Juli 20

14. Sedangkan gelombang III dibuka mulai 12 juli sampai 15 Agustus dan tes masuk 16 Agustus 2014.

“Bagi calon mahasiswa baru yang masuk ranking lima besar di sekolah diberikan fasilitas bebas dari tes pendaftaran. Bagi yang mendaftar pada gelombang I akan dipilih 10 orang terbaik dari hasil tes masuk dan diberikan fasilitas bebas uang kuliah selama 1 tahun,” ucap Muhyarsyah yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik UMSU ini.

Biaya pendaftaran dan ujian seleksi, untuk Program Studi Pendidikan Dokter (S1) Rp 500.000, sedangkan Fakultas Umum

(Non Kedokteran) S1 dan D3 Rp 250.000.
Bagi peserta pendaftar wajib hadir, karena prosedur pendaftaran mahasiswa baru UMSU menggunakan sistem komputerisasi berbasis data base, dengan ketentuan sebagai berikut; mengisi formulir pendaftaran, pasphoto ukuran 2×3 dan 3×4 (langsung menggunakan komputerisasi pendaftaran), foto copy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 1 lembar.

Khusus pendidikan dokter melampirkan:nilai rapor kelas X-XII dengan nilai minimal 7 untuk pelajaran IPA, surat keterangan

berbadan sehat/tidak buta warna dari dokter, tamatan SMA/MA IPA tidak lebih dari 3 tahun saat mendaftar. Bagi mahasiswa pindahan dilengkapi dengan Surat Keterangan Pindah dan Transkrip Nilai dari PTS asal seban

yak rangkap tiga.

Dalam melaksanakan proses

 

pendidikan, UMSU menerapkan penguasaan kompetensi, di antaranya kompetensi nilai-nilai keIslaman secara holistik, Penguatan Integritas Kebangsaan, spesifikasi bidang keilmuan, bahasa dan komunikasi global, keterampilan adaftif dan kompetitif serta entrepreneurship berbasis keIslaman.

 

Sumber : http://beritasore.com/2014/04/14/umsu-buka-penerimaan-mahasiswa-gelombang-i/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.