Medan, 8/8 (UMSU)- Pelaksanaan Rapat Kerja Asosiasi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah (APKKM) se-Indonesia yang dirangkai dengan Peringatan Milad ke -6 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di Ballroom Mahogany Hotel Grand Aston, Jumat malam (8/8) berlangsung sukses.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi yang hadir dalam acara itu dalam sambutannya mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan mampu menghasilkan point penting terutama bagi pengembangan dan kemajuan bidang kesehatan di Kota Medan.
Turut Hadir dalam Acara ini Kepala Koorpertis Wilayah I Prof Dian Armanto, Kepala Dinas Kesehatan Provsu, Raden Roro Siti Hartati, Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri, Majelis Dikti Pengurus Muhammadiyah Pusat Dr Chairil Anwar, Ketua APKKM Pusat dr Erwin Santosa, Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Dekan Fakultas Kedokteran UMSU dr Ade Taufik SPOG dan Dekan – Dekan Fakultas Kedokteran Muhammadiyah se-Indonesia.

Walikota Medan mengatakan, Pemerintah Kota terus berupaya untuk memberikan fasilitas kesehatan yang semakin baik disamping mendorong terbangunnya rumah sakit swasta yang berstandard Internasional, Pemerintah kota juga bekerja keras untuk mengembangkan Rumah sakit Pemerintah dengan standard yang sama.

Eldin Menilai, Rencana Pembangunan tersebut tentu harus ada dukungan sumber daya manusianya (SDM), salah satunya yaitu mahasiswa para calon dokter dimana sarana dan prasarana yang baik serta alat kedokteran yang canggih tentu tidak akan banyak artinya bila tidak didukung dengan SDM yang handal.

Menurut dia, dokter yang handal bukan hanya cekatan dalam memberikan ilmu, pintar dalam menggunakan alat kedokteran, melainkan harus memiliki etika dan empati dalam melayani pasien dan mampu memberikan keramahan serta dapat memberikan pelayanan yang professional, fenomena Masyarakat saat ini juga banyak yang berobat ke luar negeri, dikarenakan anggapan masyarakat terhadap kesehatan di dalam negeri yang kurang memadai.

“sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan Kesehatan, peranan dokter sangat strategis, terutama dalam mendukung kesembuhan pasien, untuk itu saya menghimbau pada Milad ke 6 FK UMSU tahun 2014 ini agar Fakultas Kedokteran UMSU selain mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten juga dapat menjalin kerja sama dengan pihak – pihak rumah sakit dan Asosiasi kedokteran guna meningkatkan kualitas para dokternya”, katanya.

Eldin juga mengapresiasi atas terpilihnya FK UMSU sebagai tuan rumah pertemuan Asosiasi Pendidikan fakultas kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah se Indonesia diharapkan pertemuan ini ada masukan yang postitif dan dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan Kota Medan. Sebab bagaimanapun FK-UMSU yang sudah berdiri selama 6 tahun sudah banyak berkiprah dalam bidang kesehatan di Kota Medan.

Sebelumnya Rektor UMSU Dr Agussani mengungkapkan, awal berdirinya FK UMSU tidaklah mudah, butuh proses panjang untuk terbentuknya FK UMSU. Namun berkat semua dukungan dari semua pihak maka UMSU dapat mendirikan Fakultas kedokterannya yang di Indonesia hanya ada 9 Universitas Muhammadiyah yang memiliki Fakultas Kedoteran.

“Ini merupakan Kebanggan bagi Kota Medan dan Sumatera Utara,” katanya.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran UMSU dr Ade Taufik SpoG dalam sambutannya mengatakan Pertemuan APKKM ini diikuti  9 Fakultas Kedokteran Muhammadiyah se Indonesia dan sengaja dirangkai dengan perayaan Milad ke – 6 Fakultas UMSU karena Pertemuan ini merupakan kebanggaan bagi FK UMSU.

“Kita bersyukur pada Milad ke – 6 FK UMSU ini karena dipercaya menjadi tuan rumah pertemuan APKKM se Indonesia. oleh karena itu di Miladnya FK UMSU diharapkan dukungan dari semua Pihak untuk lebih memajukan FK UMSU kedepannya menjadi Universitas Kedokteran Swasta yang dapat sejajar dengan Universitas Kedokteran Negeri”, katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.